-
-

Thursday, May 05, 2011

30 Persen Pasien Dokter Umum Sebenarnya Hanya Stres


foto: ThinkstockJakarta, Keluhan-keluhan ringan seperti sakit kepala, perut mulas hingga jantung berdebar seringkali hanya dipicu oleh stres. Diperkirakan, 20-30 persen pasien yang datang ke dokter umum dengan keluhan tersebut sebenarnya hanya mengalami stres.

Jenis stres yang paling sering memicu keluhan-keluhan tersbeut adalah depresi dan kecemasan, yang dialami oleh sekitar 10-15 persen penderita stres. Kedua jenis stres ini kadang sulit dibedakan, sehingga diagnosisnya sering dijadikan satu.

Depresi lebih banyak memicu gangguan pada perasaan, misalnya sedih dan putus asa sementara kecemasan lebih diwujudkan dengan respons fisik seperti gemetar dan jantung berdebar. Kadang respons fisik lebih dominan sehingga sering dikira benar-benar sakit.

Psikiater dari Universitas Indonesia, Dr Suryo Dharmono, SpKJ mengatakan indikasi stres kadang baru ketahuan setelah periksa. Jika pasien mengalami keluhan tertentu, sementara 3 dokter yang didatanginya mengatakan kondisinya baik-baik saja maka kemungkinan besar hanya karena stres.

"Bandingkan saja hasil pemeriksaan 3 dokter, tidak usah banyak-banyak. Kalau semuanya bilang OK, pasti itu karena stres," ungkap Dr Suryo saat ditemui dalam Journalist Class "Mengelola Stres dan Depresi dengan Benar" di fX Plaza, Senayan, Kamis (5/5/2011).

Dari perkiraan 20-30 persen pasien yang datang ke dokter karena stres, sebagian besar berasal dari kalangan lanjut usia atau lansia. Menurut Dr Suryo, kelompok itu paling sering mengalami psikosomatis karena ekspresi bahasanya dibatasi oleh lingkungan sosial.

Oleh lingkungannya, lansia seringkali dikondisikan untuk tidak boleh terlalu banyak mengeluh. Akibatnya jika keluhan-keluhan batin makin menumpuk, maka lansia akan melampiaskannya pada orang-orang dari kalangan ahli dalam hal ini para dokter.

Beberapa keluhan fisik yang merupakan gejala stres seperti disampaikan oleh Dr Suryo antara lain sebagai berikut:

Gemetar Berkeringat Jantung berdebar Kepala terasa ringan Pusing atau serasa bergoyang Otot tegang Mual atau tidak nyaman di lambung Nyeri perut dan dada Sesak napas Rasa tercekik Baal atau mati rasa Kesemutan Mulut Kering Hot flush (bercak merah panas) atau dingin menggigil.  
up/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons