-
-

Tuesday, May 10, 2011

Menikmati Lukisan Efeknya Seperti Jatuh Cinta


(Foto: thinkstock)Jakarta, Banyak orang mengaku tidak mengerti maksud atau arti dari suatu lukisan. Tapi bagi yang senang melihat karya seni seperti lukisan efeknya bisa seperti jatuh cinta dan baik untuk kesehatan.

Penelitian telah menemukan bahwa bagian di otak yang aktif ketika seseorang jatuh cinta atau berada dalam suasana romantis akan terangsang ketika ia melihat keindahan dari karya-karya lukisan besar. Hal yang sama terjadi ketika orang bisa menikmati karya seni.

Melihat suatu karya seni bisa memicu gelombang senyawa kimia yang membuat seseorang merasa lebih baik yaitu hormon dopamin ke dalam korteks orbito-frontal di dalam otak. Kondisi ini akan membuat seseorang memiliki perasaan senang yang intens.

Dopamin dan korteks orbito-frontal diketahui terlibat dalam hasrat, kasih sayang serta rasa menyenangkan di dalam otak. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan suasana cinta yang romantis. Hal ini akan mempengaruhi status kesehatannya yang mana menurunkan stres sehingga mengurangi risiko terhadap penyakit tertentu.

"Ada kemajuan baru yang sangat signifikan dalam pemahaman kita tentang apa yang terjadi di otak ketika seseorang melihat karya seni, terjadi peningkatan aliran darah di bagian otak yang biasanya berkaitan dengan hubungan cinta romantis," ujar Profesor Semir Zeki, seorang neurobiologi di University College London, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (10/5/2011).

Studi dari Prof Zeki ini dengan cara melakukan scan pada otak para relawan saat melihat 28 gambar seni seperti lukisan The Birth of Venus karya Sandro Botticelli, Bathing at La Grenouillere karya Claude Monet dan Constable's Salisbury Cathedral.

Prof Zeki menuturkan saat melihat karya seni tersebut maka ada banyak dopamin di daerah otak yang dikenal sebagai transmitter dari perasaan baik (feel good). Kondisi ini mirip dengan keadaan seseorang yang sedang jatuh cinta dan reaksi ini bersifat langsung.

Hasil lain yang didapatkan adalah karya seni bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental dari masyarakat, serta bisa mengurangi penderitaan pasien di rumah sakit sehingga proses pemulihannya menjadi lebih cepat.
ver/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons