-
-

Saturday, May 07, 2011

Saat Anak akan Tidur Tak Perlu Diberi Susu


(Foto:thinkstock)Jakarta, Beberapa orangtua kadang memberikan balita susu melalui botol menjelang tidur. Tapi kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena nantinya bisa memicu anak menjadi obesitas atau kelebihan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa balita yang diberi botol susu mendekati waktu tidurnya akan lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan. Jika balita usia 2 tahun secara terattur diberi susu sebelum tidur maka cenderung 30 persen menjadi gemuk pada usia 5,5 tahun.

Memberikan susu botol baik yang full atau pun semi skim sesaat sebelum balita tidur memang bisa membantunya lebih ceat tidur, bahkan jika si kecil sudah mengonsumsi makanan padat. Tapi jika hal ini dilakuakn secara teratur akan sangat memungkinkan bagi anak untuk menjadi kelebihan berat badan.

Peneliti mengungkapkan dalam satu botol susu yang full fat (lemak penuh) mengandung 150 kalori atau sebesar 12 persen dari energi yang dibutuhkan oleh anak berusia 1-2 tahun, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (7/5/2011).

Dalam studi ini melibatkan hampir 7.000 anak-anak yang dipantau saat ia berusia 9 bulan, 2 tahun, 4,5 tahun dan 5,5 tahun. Diketahui sekitar 22,9 persen anak yang masih diberi botol susu menjelang tidur pada usia 2 tahun menjadi obesitas ketika berusia 5,5 tahun.

Sedangkan anak yang tidak diberi botol susu hanya sebesar 16 persen saja yang obesitas. Kondisi ini setelah memperhitungkan faktor lain seperti berat ibu dan berat anak ketika lahir. Hasil penelitian in itelah diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

Untuk itu peneliti menyarankan bagi para orangtua agar tidak memberikan susu pada balitanya menjelang waktu tidur, serta orangtua sebaiknya tidak menggunakan susu untuk mengganti asupan makanan si kecil karena ada beberapa nutrisi yang tidak bisa diddapatkan dari susu.

Selain itu obesitas yang terjadi sejak anak-anak bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi diri si kecil, seperti meningkatkan risiko jantung dan diabetes ketika dewasa serta membatasi aktivitas dan kegiatan anak nantinya.
ver/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons