-
-

Tuesday, July 05, 2011

Bau Roti Panggang Bikin Orang Bahagia


(Foto: thinkstock)Jakarta, Hidung tidak hanya berfungsi untuk bernapas tetapi juga memiliki kekuatan untuk membuat orang bahagia. Aroma tertentu dpat membuat orang merasa bahagia. Salah satunya bau roti panggang.

Tampaknya aroma tertentu memiliki kekuatan untuk membangkitkan emosi yang kuat dan bahkan mengubah suasana hati seseorang. Sebuah studi yang dilakukan pada 4000 orang di Inggris melihat aroma apa saja yang yang menarik bagi kebanyakan orang.

"Hubungan antara bau dan memori sangat kuat. Bau memiliki kekuatan untuk menghidupkan kembali masa lalu , perjalanan atau tempat pada saat-saat bahagia, atau mengingatkan kita pada orang yang spesial, membangkitkan perasaan nostalgia dan kenyamanan," Dr Pamela Dalton, psikolog kognitif dan sensorik, seperti dilansir Scientisttoday, Selasa (5/7/2011).

Dari studi yang dilakukan, berikut bau-bauan yang paling bisa membuat orang merasa bahagia:

Roti panggang segar Kain yang bersih Rumput segar yang baru dipotong Bunga segar Kopi yang baru digiling Udara segar setelah hujan Vanili Cokelat
"Bau-bauan selalu memainkan bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dimanapun kita pergi, kita dikelilingi oleh bau yang berbeda, beberapa baik dan beberapa buruk," jelas Stephen Weller, Direktur Komunikasi di International Fragrance Association.

Yang menarik dalam studi, wanita mengklaim bau tertentu menempatkan senyum di wajah mereka karena merasa nyaman atau mengingatkan akan seseorang yang mereka cintai. Sedangkan pria lebih memilih aroma yang menarik dan menyegarkan.

94 persen pria dalam studi mengaku bahwa rumah yang memiliki aroma baik sangatlah penting, karena hampir separuh dari mereka menggunakan aroma untuk membantu membuatnya rileks.


mer/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons