-
-

Friday, July 01, 2011

Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Bedakan Orang Sedih dari Suaranya


(Foto: thinkstock)London, Apapun masalah yang sedang dihadapi, sebaiknya jangan mengeluh di depan bayi yang sudah berusia 3 bulan. Jangan bebani perasaan sang bayi karena pada usia tersebut ia sudah bisa mengenali perasaan sedih dari suara-suara yang didengarnya.

Penelitian yang dilakukan oleh 2 universitas di London mengungkap, bayi bisa membedakan suara manusia seperti tangis atau batuk, dengan suara-suara yang berasal dari benda mati termasuk mainan. Hebatnya lagi, bayi bisa membedakan perasaan sedih hanya dari suara tersebut.

Pada orang dewasa, kemampuan ini bukan hal yang aneh karena otak sudah tumbuh dengan optimal khususnya di bagian temporal cortex yang berfungsi mengenali perasaan. Yang mengejutkan, bagian ini ternyata matang lebih awal dari yang diduga yakni sejak umur 3 bulan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa temporal cortex pada bayi lebih matang dari yang kami duga," ungkap salah satu peneliti, Evelyne Mercure dari University College London seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (1/7/2011).

Dalam penelitian tersebut para ahli memindai otak bayi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Aliran darah ke bagian tertentu di otak diamati untuk mengidentifikasi bagian mana yang lebih aktif ketika bayi-bayi itu mendengarkan suara-suara tertentu.

Diduga, kemampuan untuk membedakan suara berdasarkan perasaannya saat itu berkembang lebih cepat karena suara sangat berperan dalam komunikasi sosial. Artinya sejak usia sangat dini, bayi sudah mulai mengembangkan kemampuannya untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Peneliti lainnya dari King's College London, Declan Murphy mengatakan penelitian ini bisa dikembangkan untuk mengidentifikasi gangguan perilaku pada anak. Jika kemampuan bayi mengenali suara berkembang terlalu lambat, ada kemungkinan saat tumbuh dewasa akan mengalami autis.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology baru-baru ini.
up/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons