-
-

Monday, July 04, 2011

Jutaan Pekerja Kantoran Baru Bisa Makan Siang Jam 3 Sore


foto: ThinkstockLondon, Sebuah survei mengungkap, 1 dari 3 pekerja kantoran tidak bisa makan siang tepat waktu. Kesibukan yang terlalu padat membuat sebagian di antaranya baru bisa makan setelah jam 3 sore, sedangkan sisanya terpaksa makan siang sebelum jam 11.

Manaaz Ahtar, Head of Marketing di jaringan warung sandwich ternama Subway yang melakukan penelitian tersebut menilai data ini membuktikan tingginya pressure atau tekanan di tempat kerja. Sampai-sampai, untuk makan siang tepat waktu saja tidak ada waktu.

"Deadline yang tidak fleksibel membuat orang-orang sering merasa tidak punya cukup waktu," ungkap Ahtar seperti dikutip dari Telegraph, Senin (4/7/2011).

Dalam survei yang melibatkan 2.067 orang ini terungkap, 64 persen pekerja kantoran pilih tidak makan saat istirahat siang. Aktivitas yang lebih banyak dilakukan saat istirahat antara lain melanjutkan pekerjaan yang belum selesai, belanja, menyendiri atau mengatur keuangan.

Fakta lain yang terungkap adalah lebih dari sepertiga atau tepatnya 35 persen pekerja kantoran terpaksa makan siang terlalu pagi atau terlalu sore. Diperkirakan 2,9 juta pekerja di Inggris terpaksa makan siang sebelum jam 11 sementara 10 juta orang baru bisa makan setelah jam 3 sore.

Salah satu alasan untuk memilih mengerjakan aktivitas lain saat istirahat siang adalah waktu yang tersedia untuk istirahat kurang lama. Sebanyak 55 persen responden menilai waktu istirahat yang diberikan terlalu singkat sehingga tidak sempat makan.

Kalaupun bisa makan saat istirahat, keterbatasan waktu membuat para karyawan cenderung makan dengan terburu-buru. Berbagai penelitian menunjukkan, makanan yang tidak dicerna dengan baik lebih berisiko menyebabkan kegemukan dan berbagai masalah metabolisme seperti diabetes.

Namun pola makan dengan jadwal yang tidak tetap juga tidak lebih baik, mmeski mungkin pada saat itu tidak terburu-buru. Dalam jangka panjang, pola makan seperti ini bisa merusak mekanisme sinyal lapar dan kenyang sehingga rentan mengalami gangguan pencernaan termasuk sakit maag.
up/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons