-
-

Saturday, July 02, 2011

Virus Hendra, Infeksi Pada Kuda yang Bisa Menular ke Manusia


(Foto: thinkstok)Deskripsi
Infeksi Hendra adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Hendra atau pernah juga disebut equini morbillivirus yang menyebabkan penyakit pada kuda di Australia. Tapi infeksi ini bisa terjadi pada manusia jika terjadi paparan dari sekresi kuda yang terinfeksi virus Hendra.

Menurut Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE selaku Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI dalam rilis yang diterima detikHealth, Sabtu (2/7/2011) di Australia kasus pada kuda terus terjadi secara sporadik, meski jumlah kasusnya tidak terlalu banyak dan infeksi pada manusia sangat jarang. Berdasarkan data yang ada kasus infeksi pada manusia dari tahun 1996-2007 diketahui ada 7 kasus dari total 13 kali outbreak yang ada yaitu:

Januari 1999 di Trinity Beach, Queensland Oktober 2004 di Gordonvale, Queensland Desember 2004 di Townsville, Queensland Juni 2006 di Peachester, Queensland Oktober 2006 di Murwillumbah, New South Wales Juni 2006 di Peachester, Queensland Juli 2007 di Clifton Beach, Queensland.
Penyebab
Penyakit ini disebabkan oleh virus Hendra yang merupakan anggota dari keluarga Paramyxoviridae, genus Henipavirus yang memiliki anggota virus Hendra serta virus Nipah. Virus Hendra pertama kali diisolasi pada September 1994 dari spesimen kuda dan manusia di Hendra, pinggiran Brisbane Australia. Sedangkan virus Nipah ditemukan di Malaysia tahun 1999 yang menyebabkan penyakit pada lebih dari 100 orang.

Gejala
Kasus pada manusia sangat jarang ditemukan. Namun dari kasus yang ada ditemukan gejalanya sama seperti gejala penyakit pernapasan berat. Untuk mendiagnosisnya menggunakan tes antibodi dengan ELISA (IgG dan IgM), RT-PCR dan isolasi virus.

Pengobatan
Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi infeksi Hendra ini adalah dengan menggunakan Ribavirin. Obat Ribavirin telah terbukti efektif melawan virus secara in vitro.

Cara pencegahannya adalah dengan menghindari hewan yang diketahui telah terinfeksi virus Hendra dan menggunakan alat pelindung diri yang aman bila akan melakukan kontak dengan hewan yang dicurigai berpotensi terinfeksi.

Sehubungan dengan adanya laporan kasus di Queensland Australia, maka Kementerian Kesehatan telah berkomunikasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengamati penyakit ini. Sampai saat ini laporan hanya ada di Australia.

Sumber: Kementerian Kesehatan RI
ver/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons