-
-

Thursday, August 04, 2011

Menkes Sindir Rumah Sakit yang Suka 'Menyandera' Ambulans


(Foto: thinkstock)Depok, Drama penyanderaan tidak hanya terjadi dalam kasus terorisme. Menteri Kesehatan mengakui, beberapa rumah sakit nakal juga suka melakukan terhadap ambulans yang mengangkut pasien rujukan dari rumah sakit lain.

Laporan adanya kasus penyanderaan mobil ambulans tersebut diterima Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih melalui layanan pesan pendek atau SMS. Menkes mengaku, dirinya memang terbuka untuk menerima SMS keluhan dari masyarakat terkait layanan kesehatan.

Salah satu keluhan yang diterima oleh Menkes adalah ketika seorang pasien dirujuk ke rumah sakit lain. Biasanya jika pasien dirujuk dari rumah sakit swasta ke rumah sakit negeri, ambulans hanya mengantar pasien lalu pergi begitu saja.

Lain halnya jika pasien datang dari rumah sakit negeri, lalu dirujuk ke rumah sakit swasta. Beberapa rumah sakit yang nakal tidak membiarkan ambulans pergi begitu saja, sehingga seperti disandera sampai jelas siapa penanggung jawab pasiennya.

"Yang nakal seperti itu juga. Ambulans nggak boleh pergi, pokoknya harus jelas dulu siapa yang ngurus administrasinya, yang bayar dan sebagainya. Itu nggak boleh seperti itu," ungkap Menkes saat meresmikan Klinik Laktasi di RS Puri Cinere Depok, Kamis (4/8/2011).

Sementara keluhan paling banyak yang diterima Menkes melalui SMS adalah soal ketersediaan ruang perawatan kelas 3. Masyarakat banyak menanyakan hal itu karena hanya kelas tersebut yang ditanggung oleh jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas).

Menkes memahami jika di banyak rumah sakit swasta jumlah ruang perawatan kelas 3 sangat terbatas dan kadang penuh sehingga tidak mampu melayani pasien Jamkesmas. Namun Menkes mengimbau, rumah sakit tersebut harus merujuk ke rumah sakit yang jelas dan tidak asal merujuk yang akibatnya malah pasien jadi telantar.



up/ir)





detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons