-
-

Thursday, August 11, 2011

Minum 2 Gelas Alkohol Sehari Sudah Bisa Picu Risiko Kanker


(Foto: thinkstock)Jakarta, Alkohol sudah sering diperingatkan oleh para ahli dapat berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Bahkan 2 gelas alkohol saja sudah dapat meningkatkan risiko kanker.

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa minum dua gelas atau lebih minuman beralkohol per hari secara signifikan dapat meningkatkan risiko beberapa kanker.

Sebelumnya, pedoman NHS (National Health Service) Inggris menyatakan bahwa pria tidak boleh minum lebih dari 3-4 unit minuman beralkohol per hari, sementara wanita tidak boleh lebih dari unit dalam sehari.

Tetapi penelitian baru telah menemukan risiko kanker dapat meningkat bahkan pada tingkat yang lebih rendah daripada tingkat yang telah direkomendasikan pada pedoman NHS.

"Data kami menunjukkan bahwa banyak kasus kanker bisa dihindari jika konsumsi alkohol dibatasi pada dua gelas minuman alkohol per hari pada pria dan satu minuman beralkohol per hari pada wanita, yang merupakan rekomendasi dari organisasi kesehatan," jelas peneliti, seperti dilansir Timesofindia, Sabtu (6/8/2011).

Tetapi peneliti juga menjelaskan bahwa sebenarnya kasus kanker lebih bisa dicegah jika orang mau mengurangi asupan alkohol pada tingkat lebih rendah yang direkomendasikan pedoman NHS atau bahkan berhenti minum alkohol sama sekali.

Kanker kerongkongan, kanker faring dan kotak suara adalah kanker yang paling sering disebabkan oleh alkohol, diikuti kemudian dengan kanker hati.

Studi ini telah dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ).mer/ir)




detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons