-
-

Monday, August 15, 2011

Suasana Kantor yang Kaku Bikin Otak Karyawan Menyusut


foto: ThinkstockJakarta, Beberapa kantor melarang karyawannya memasang pernak-pernik di meja kerja, sehingga terkesan kaku dan membosankan. Menurut penelitian terbaru, suasana kantor yang terlalu kaku seperti itu bisa membuat otak karyawan benar-benar menciut.

Kantor-kantor yang melarang karyawannya melakukan 'personalisasi' meja kerja lewat pernak-pernik kesukaannya beralasan bahwa kerativitas yang berlebihan bisa mengganggu konsentrasi. Karena kerjanya tidak fokus, kesejahteraan karyawan turun 32 persen dan produktivitas turun 15 persen.

Namun menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh kritikus arsitektur Tom Dyckhoff, meja kerja yang membosankan juga berdampak buruk bagi karyawan. Ruang kerja yang sempit, seragam dan steril dari hal-hal yang sifatnya personal justru membuat otak karyawan mengecil.

Untuk membuktikan hal itu, Dyckhoff meminta sejumlah karyawan untuk mengenakan topi khusus yang bisa memindai gelombang otaknya saat bekerja. Hasilnya menunjukkan, pernak-pernik di meja kerja tidak terbukti menyebabkan penurunan produktivitas.

Bahkan menurut hasil pengamatan tersebut, karyawan yang bekerja di meja yang terlalu sempit dan bersih dari barang-barang pribadi justru mengalami penyusutan otak secara perlahan. Lama-lama karyawan tersebut menjadi tidak kreatif dan sulit memecahkan masalah.

"Hasil percobaan kami menunjukkan, karyawan memberikan respons dengan lebih baik dalam ruang yang penuh gambar dan tanaman. Itu karena mereka dapat terlibat dengan lingkungan sekitar mereka, merasa lebih nyaman dan berkonsentrasi," ungkap Dr Craig Knight, psikolog dari University of Exeter yang terlibat dalam penelitian itu seperti dikutip dari The Independent, Rabu (10/8/2011).

Hasil penelitian itu diperkuat dengan hasil eksperimen pada tikus yang dilakukan Prof Fred Gage, ahli genetika di Salk Institute di San Diego. Dalam eksperimen tersebut, tikus-tikus yang dipelihara dalam kandang yang luas mengalami peningkatan volume otak sebesar 15 persen dibanding tikus yang tinggal di kandang yang sempit.

"Jika kita terapkan pada manusia, maka hal itu akan menunjukkan bahwa lingkungan tertentu yang bisa membangkitkan semangat akan membuat kinerja dan kemampuan karyawan meningkat," ungkap Prof Gage.


ir/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons