-
-

Tuesday, June 14, 2011

Pasien Cedera di Kamar Mandi Makin Banyak yang Masuk UGD


(Foto: thinkstock)New York, Bila tidak diperhatikan dengan baik, kamar mandi bisa menjadi tempat paling berbahaya di rumah Anda. Cedera di kamar mandi bahkan menyumbang ribuan daftar pasien yang masuk UGD.

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa cedera kamar mandi tidak hanya bisa menyebabkan sakit yang biasa. Studi baru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan sekitar 234.000 orang usia 15 tahun dan lebih tua dirawat di unit gawat darurat (UGD) karena cedera non-fatal yang berhubungan dengan kamar mandi pada tahun 2008.

Ini menunjukkan ada sekitar 640 orang per hari masuk UGD karena kecelakaan yang terjadi di kamar mandi.

"Yang menarik dalam penelitian ini adalah meskipun tingkat cedera lebih rendah pada orang muda, tapi semua orang dari segala usia bisa jatuh di kamar mandi atau bak mandi," jelas Judy Stevens, penulis utama penelitian, seperti dilansir ABC News, Senin (13/6/2011).

Para ahli mengatakan kamar mandi dapat menimbulkan bahaya karena basah, licin dan permukaan keras yang dapat membahayakan orang yang buru-buru pergi ke kamar mandi. Sedangkan suhu panas dapat melebarkan pembuluh darah perifer dan menurunkan tekanan darah, menyebabkan pusing pada beberapa orang.

Lebih dari 80 persen dari cedera yang berhubungan dengan kamar mandi disebabkan karena terpeleset dan jatuh, yang sebagian besar terjadi pada saat masuk dan keluar dari bak mandi (bath tub) atau shower. Sekitar 30 persen dari mereka mengalami cedera seperti luka, goresan dan memar.

Tingkat cedera lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang lebih tua. Orang muda lebih mungkin untuk terluka dalam atau di sekitar bak mandi, sementara orang tua menderita luka-luka lebih pada atau dekat toilet.

"Banyak pensiunan tidak mampu merenovasi kamar mandi untuk dengan memasang fitur keselamatan kamar mandi lain", kata Dr Carl Ramsay, ketua departemen pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital di New York City.

Jadi mereka tinggal dengan lantai basah, licin, bak mandi berdinding tinggi dan tidak ada pegangan tangan. Selain itu, orang tua cenderung semakin goyah berdirinya karena otot dan tulang yang relatif semakin lemah.


mer/ir)


-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons