-
-

Monday, September 19, 2011

Unicef: Kematian Balita di Dunia Turun 12.000 Anak/Hari


(Foto: thinkstock)Jakarta, Angka kematian balita di dunia mengalami penurunan cukup signifikan dalam 10 tahun terakhir termasuk di beberapa negara miskin. Meski demikian, target Millenium Development Goals yang harus dicapai tahun 2015 diperkirakan masih jauh.

Badan WHO yang mengurusi anak-anak, Unicef mengungkap pada tahun 2010 tercatat jumlah kematian anak di bawah usia 5 tahun (balita) sebanyak 7,6 juta. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan angka tahun 1990, yang masih mencapai 12 juta kematian.

Jika dihitung perhari, angka kematian berkurang sekitar 12.000 kasus/hari dibandingkan 10 tahun silam. Sementara jika dibandingkan dengan angka kelahiran, angka kematian balita berkurang dari 88 kasus menjadi 57 kasus tiap 100.000 kelahiran hidup.

Penurunan angka kematian balita ini tidak hanya dialami negara-negara yang lebih makmur, namun juga di beberapa negara miskin. Bahkan peringkat 5 negara dengan penurunan paling besar didominasi oleh negara miskin, yakni Sierra Leone, Republik Niger, Malawi, Libia dan Timor Leste.

Beberapa negara memang masih mencatat angka kematian yang cukup tinggi, bahkan hampir 50 persen dari angka kematian balita di seluruh dunia terkonsentrasi di 5 negara. Kelima negara tersebut adalah India, Nigeria, Kongo, Pakistan dan China.

"Tapi kita tetap tidak boleh melupakan fakta bahwa saat ini masih ada 21.000 anak yang meninggal tiap harinya akibat hal-hal yang sebenarnya bisa dicegah," ungkap Anthony Lake, direktur eksekutif Unicef seperti dikutip dari MSNBC, Kamis (15/9/2011).

Dari seluruh kematian balita, usia di bawah 1 tahun menyumbang angka paling besar yakni 70 persen. Kematian bayi baru lahir juga cukup tinggi, sebab 40 persen kematian balita di seluruh dunia terjadi pada bulan pertama kehidupan seorang bayi.

Penurunan ini memang patut disyukuri, namun Unicef mengimbau para pemimpin dunia untuk tidak lengah. Bagaimanapun angka yang tercatat tahun 2010 masih jauh dari target Millenium Development Goals (MDGs) yang harus dicapai tahun 2015 yakni menurunkan angka kematian balita hingga 2/3 dari angka tahun 1990.



up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons