-
-

Wednesday, June 15, 2011

Remaja Putri Bisa Kurang Tidur Karena Tertekan Ingin Kurus


(Foto: thinkstock)Texas, Orang mungkin menjadi kurang tidur karena mendapat banyak tekanan untuk menjadi kurus, terutama gadis-gadis muda yang banyak mendapatkan tekanan dari teman-temannya untuk bisa menurunkan berat badan atau tetap kurus.

"Ada sejumlah besar penelitian mengenai tekanan pada remaja perempuan untuk mengurangi berat badan, tetapi tekanan yang berkaitan dengan kesehatan tidur kurang dieksplorasi dan konsekuensinya sebagian besar tidak diketahui," kata Katherine Marczyk, penyelidik utama studi dari University of North Texas di Denton, Texas, seperti dilansir Healthday, Rabu (15/6/2011).

Marczyk mengatakan banyak tekanan yang dirasakan remaja-remaja putri untuk dapat menurunkan berat badan dan menjadi kurus, seperti tekanan dari teman sebaya, keluarga, pacar dan media.

Untuk menyelidiki hal tersebut, peneliti meminta 789 siswa perempuan (rata-rata berusia 12 tahun) sekolah menengah di Texas untuk menggambarkan berapa banyak tekanan yang dirasakan untuk menurunkan berat badan dan menjadi kurus.

Para peneliti kemudian menilai kualitas tidur mereka untuk mengukur bagaimana tekanan eksternal menjadi kurus berpengaruh pada banyak tidur yang diperoleh.

Hasilnya, tekanan untuk menjadi kurus dari pacar serta dari media secara signifikan dapat mengurangi waktu tidur remaja putri sekitar 4,5 persen.

"Ketidaksesuaian dalam durasi tidur melonjak hingga 6 persen pada gadis kulit putih (sekitar 60 persen dari peserta penelitian) yang menghadapi tekanan untuk menjadi kurus dari teman-teman mereka," kata peneliti.

Peneliti mengingatkan bahwa kurang tidur bisa membuat gadis-gadis muda berisiko mengalami masalah kesehatan lainnya, termasuk peningkatan kecemasan dan depresi.

Hasil studi telah dipublikasikan pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies di Minneapolis.



mer/ir)


-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons