-
-

Friday, June 10, 2011

Vaksin Meningitis B Pertama di Dunia Tersedia Akhir 2011


foto: ThinkstockLondon, Meningitis B adalah jenis radang selaput otak yang paling mematikan, yang hingga kini belum ada vaksin untuk mencegahnya. Untuk pertama kalinya, vaksin meningitis B berhasil diciptakan dan diharapkan sudah bisa beredar akhir tahun 2011.

Di Eropa khususnya Inggris, meningitis B atau radang selaput otak yang dipicu oleh strain (jenis) bakteri meningococcus tipe B diderita oleh 1.200 anak tiap tahun. Dari jumlah tersebut, korban tewas rata-rata mencapai 120 orang atau sekitar 10 persen.

Angka ini tercatat paling tinggi dari sekitar 13 tipe meningitis yang dikenal di seluruh dunia. Sementara dikutip dari Telegraph, Jumat (10/6/2011), dari 5 tipe yang paling sering menjangkiti manusia yakni A, B, C, Y dan W135, hanya tipe B yang hingga kini belum ada obat atau vaksinnya.

Padahal dibandingkan tipe lainnya, meningitis B paling mematikan karena bisa membunuh kurang dari 4 jam. Sebagian kecil bisa diselamatkan, namun data di Inggris menunjukkan 250 mantan penderita mengalami cacat fisik, buta, tuli dan kerusakan otak permanen tiap tahunnya.

Vaksin baru bernama 4C-MenB untuk meningitis B baru-baru ini sukses menjalani uji coba pada 1.500 anak di Eropa. Uji lanjutan pada 1.800 anak juga menunjukkan vaksin ini berkerja dengan baik saat digunakan sendirian maupun bersama vaksin meningitis tipe lainnya.

Proses pendaftaran izin edar tengah dilakukan di Inggris dan diperkirakan sudah bisa dipasarkan pada Desember 2011. Jika disetujui, vaksin ini diharapkan bisa menyelamatkan nyawa ribuan anak khususnya yang tinggal di Eropa atau sering pernah tinggal di Eropa.

Di Indonesia sendiri, risiko meningitis meningococal atau radang selaput otak akibat infeksi bakteri meningococus hanya dialami orang-oran yang sering bepergian dan tinggal lama di negara-negara endemis. Indonesia tidak termasuk daerah endemis untuk jenis infeksi tersebut.

Jenis meningitis yang lebih rentan dialami anak Indonesia adalah meningitis akibat infeksi bakteri Haemophilus influenzae type B (HIB). Meski tidak wajib, anak-anak sangat diuanjurkan untuk mendapat vaksin meningitis HIB sejak usia 2 bulan.
up/ir)


-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons