-
-

Friday, December 23, 2011

Menurunkan Berat Badan Bisa Melindungi Gigi


(Foto: Thinkstock)Jakarta, Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang berhasil menurunkan berat badannya yang berlebih. Salah satu manfaat yang didapat adalah bisa melindungi gigi dari penyakit periodontitis.

Salah satu penyebab orang dewasa kehilangan giginya adalah masalah periodontitis. Kondisi ini terjadi karena adanya plak yang terakumulasi di gigi dan mengembangbiakan bakteri sehingga kekebalan tubuh tidak mampu mengontrolnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan seperempat hingga setengah orang dewasa memiliki periodontitis. Sedangkan obesitas diketahui berhubungan dengan peradangan sistemik. Tapi bisakah penurunan berat badan melindungi gigi?

Sebuah review tahun 2011 yang dilaporkan dalam jurnal Obesity Review menganalisis sebanyak 33 studi untuk meneliti hubungan antara obesitas dan periodontitis. Diketahui sebanyak 30 studi menemukan adanya hubungan antara komposisi tubuh dan periodontitis.

Seseorang yang diketahui memiliki kadar lemak tubuh yang lebih tinggi, maka ia lebih mungkin memiliki periodontitis bahkan pada kasus yang lebih parah atau kehilangan giginya, seperti dikutip dari MSNHealth, Kamis (8/12/2011).

Berbagai studi berbeda yang dikumpulkan diketahui secara keseluruhan jika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas maka ia memiliki kemungkinan 2 kali menderita periodontitis.

Hal ini karena orang gemuk yang menurunkan berat badan menunjukkan pengurangan dalam semua peradangan yang diukur, dan kemungkinan juga mengurangi risiko gangguan gigi seperti periodontitis.

Selain itu memiliki berat badan yang sehat juga bisa menjauhkan seseorang dari berbagai risiko penyakit seperti jantung, stroke, diabetes hingga kanker, asalkan metode yang dilakukannya benar dan tidak ekstrem.

ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons