-
-

Monday, December 19, 2011

Tulang Buatan Bisa Dicetak dengan Printer 3-Dimensi


Printer tulang (dok: cbsnews)Jakarta, Berbagai kelainan atau kerusakan tulang kini makin mudah diatasi. Para ilmuwan berhasil memodifikasi printer 3-dimensi, agar mampu mencetak tulang buatan untuk mengganti tulang asli yang rusak atau cacat dan tidak mungkin diperbaiki.

Terobosan baru ini diyakini akan sangat berguna bagi para ahli bedah tulang, dokter gigi dan para penderita osteoporosis atau pengeroposan massa tulang. Fungsi utamanya adalah menumbuhkan jaringan tulang buatan, lalu membentuknya semirip mungkin dengan tulang aslinya.

"Dokter bisa mendapatkan bentuk tulang yang diinginkan lewat alat scan biasa, lalu datanya dihubungkan ke printer," kata Prof Susmita Bose dari Washington State University yang menemukan alat tersebut seperti dikutip dari CBS News, Senin (5/12/2011).

Tulang buatan yang dicetak dengan printer ini sudah diujikan pada tikus dan kelinci dan hasilnya dimuat dalam jurnal Dental Materials. Uji coba pada manusia tinggal menunggu waktu, lalu jika berhasil maka dalam beberapa tahun ke depan alat ini mulai bisa dipasarkan.

Cara kerja printer tulang ini pada dasarnya sama seperti printer 3-dimensi yang dipakai untuk mencetak material logam. Hanya saja, 'tintanya' diganti dengan kalsium fosfat seperti pada tulang asli lalu dicampur dengan adonan seng dan silikon.

Bagian penyemprot tinta akan menyemburkan adonan tersebut pada semacam inti sel, yang ukurannya tidak lebih lebar dari sehelai rambut manusia. Semburan itu dilakukan selapis demi selapis hingga mencapai ketebalan tertentu seukuran karet penghapus.

Calon tulang seukuran karet penghapus itu kemudian dikeluarkan dari printer, lalu disimpan dalam kondisi yang sangat terkontrol di laboratorium agar tumbuh seperti tulang asli. Dalam beberapa pekan, tulang buatan yang dicetak dengan printer itu sudah bisa dicangkokkan.

up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons