-
-

Wednesday, April 27, 2011

Anak 3 Tahun Harus Bisa Kancingkan Baju Sendiri


(Foto: thinkstock)Jakarta, Terkadang orangtua terlalu memanjakan anaknya dengan cara selalu membantunya melakukan segala hal, termasuk mengancingkan baju. Tapi jika anak sudah berusia 3 tahun sebaiknya ia dapat mengancingkan bajunya sendiri.

"Usia 3-5 tahun harus bisa mengacingkan baju, latihlah anak dan jangan segala sesuatu tergantung dengan mba," ujar dr Attila Dewanti, SpA dalam acara media edukasi 'Alergi Susu Sapi Bukan Penghalang Pertumbuhan Anak' di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (27/4/2011).

dr Attila menuturkan karena kalau ia belum bisa pasang dan buka kancing sendiri nantinya dia akan memegang pensil atau krayon dengan tidak benar, hal ini akan mempengaruhi kemampuannya untuk menulis.

"Jika hal ini terjadi, nantinya dia akan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menstimulasinya agar bisa memegang pensil dengan benar, jadi bisa buang-buang waktu selama 6 bulan untuk menstimulasinya," ujar dokter yang berpraktik di Brawijaya Women & Children Hospital.

Selain itu orangtua juga sebaiknya tidak terlalu sering menggendong anak, biasanya jika cucu atau anak pertama selalu digendong. Serta sebaiknya jangan menggunakan baby walker.

"Beri keleluasaan pada anak untuk bergerak, biarkan saja anak main asal tetap dipantau dan memberikan lingkungan yang aman bagi anak," ungkap dr Attila.

Hal ini karena pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi dan juga lingkungan yang berupa stimulasi atau rangsangan yang diterima si kecil dari luar.

"Jika anak sedang belajar berbicara, jangan hanya menyuruh anak mengucapkan suku kata terakhir saja. Misalnya 'Itu apa sayang, ku-cing' tapi beritahu anak 'Itu apa sayang, kucing'. Karena nanti anak tahunya itu cing, yam," ungkapnya.

dr Attila juga menyarankan bagi para orangtua agar memantau setiap bulan perkembangan anak mulai dari motorik kasar, motorik halus, perkembangan kognisi, perkembangan bicara serta sosial ke
(ver/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons