-
-

Monday, April 18, 2011

Olahraga Saat Hamil Baik untuk Kesehatan Jantung Bayi


(Foto: thinkstock)Jakarta, Melakukan olahraga saat hamil diketahui baik untuk kesehatan sang ibu. Tapi hal ini ternyata juga bedampak baik pada janin yang dikandungnya, yaitu meningkatkan kesehatan jantung bayi.

Dalam penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga pada trimester pertama atau saat plasenta terbentuk akan membantu membentuk pembuluh darah ekstra sehingga ada kesempatan lebih banyak terjadinya pertukaran nutrisi antara ibu dan bayi. Selain itu olahraga juga membantu mencegah kelebihan berat badan pada janin.

Berdasarkan hasil studi tersebut, Linda May seorang exercise physiologist and anatomist di Kansas City University of Medicine and Biosciences melakukan studi untuk melihat manfaat lebih lanjut dari berolahraga saat hamil.

May dan rekan-rekannya mengumpulkan pengukuran noninvasif jantung dari 66 janin saat usia kehamilan ibunya mencapai 28, 32 dan 36 minggu. Beberapa ibu melakukan kegiatan aerobik selama 30 menit setidaknya 3 kali seminggu, sedangkan yang lainnya tidak berolahraga.

Peneliti kemudian menilai detak jantung janin dan variabilitas (rentang antar detak jantung). Tingkat variabilitas merupakan indikasi dari kesehatan jantung yang berhubungan dengan faktor kesehatan secara menyeluruh. Orang dengan variabilitas meningkat menunjukkan kerja jantung yang lebih efisien.

Pada minggu 32 kehamilan, para peneliti melihat adanya perubahan dalam respons jantung pada janin dari ibu yang berolahraga. Dan pada minggu ke-36 May mencatat perubahan yang signifkan dan besar yaitu detak jantung lebih rendah serta variabilitas detak jantung meningkat.

"Meskipun ibu hamil hanya melakukan sedikit latihan, hal itu tetap akan memberikan keuntungan. Tapi jika ia melakukan olahraga lebih, itu akan memberikan keuntungan yang lebih pula," ujar May, seperti dikutip dari Healthland.Time, Senin (18/4/2011).

May menuturkan bahkan proses pendinginan (tahap akhir dari olahraga) bisa memberikan manfaat hingga sang bayi lahir. Tapi tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil sebelum berolahraga agar tetap aman.

"Ini merupakan hasil yang kita lihat secara nyata, dan olahraga saat hamil bisa membantu memberikan bayi jantung yang sehat,
(ver/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons