-
-

Friday, November 18, 2011

Detak Jantung Tak Teratur Banyak Dialami Ibu Hamil


(Foto: thinkstok)Jakarta, Ada beberapa perubahan yang bisa terjadi selama hamil salah satunya adalah denyut jantung yang tidak teratur. Apa penyebab denyut jantung yang tidak teratur ini?

Peneliti dari Clevelend Clinic menuturkan sekitar 50 persen perempuan hamil mengalami beberapa jenis ketidakteraturan irama jantung dan termasuk kondisi yang umum terjadi.

Sebagian besar kasus ini tidak memerlukan intervensi medis dan tidak menyebabkan kerusakan, tapi pada kasus tertentu bisa mempengaruhi tubuh dan juga bayi yang dikandung. Meski penyebab pastinya tidak jelas, tapi ada beberapa faktor yang bisa berkontribusi terhadap kondisi ini.

Diperkirakan perubahan hormonal dalam tubuh yaitu meningkatnya kadar estrogen dan hormon lain yang disebut beta-human chorionic gonadotropin turut berkontribusi.

Kondisi ini bisa mempengaruhi tindakan dari saluran ion jantung yang memungkinkan mineral natrium, kalsium dan kalium keluar masuk sel untuk mengontrol detak jantung.

Saat hamil volume darah meningkat untuk mencukupi kebutuhan oksigen bagi ibu dan bayi, peningkatan volume darah ini memberi tekanan ekstra pada jantung sehingga mempengaruhi denyut jantung, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (5/11/2011).

Ada beberapa jenis denyut jantung tak teratur yang terjadi pada ibu hamil yaitu:
1. Palpitasi, yaitu sensasi merasa seperti denyut jantung yang berpacu, berdebar atau detaknya melebihi biasanya
2. Supraventicular tachycardia (SVT), yaitu istilah luas yang berlaku ketika detak jantung lebih cepat dari biasanya. Kondisi ini lebih berbahaya dari palpitasi dan kemungkinan membutuhkan pengobatan.
3. Fibrilasi atrium, yaitu denyut jantung tidak teratur dan cepat, tapi jarang dialami selama hamil. Biasanya dialami pada ibu hamil yang memiliki penyakit jantung bawaan atau hipertiroid sebelum hamil.

Jika ibu hamil mengalami detak jantung tak teratur, dokter akan mencari penyebab yang mendasarinya. Jika tak ada penyebab medisnya, pengobatan yang dilakukan adalah istirahat dan prosedur vagal maneuvers (menerapkan es ke wajah, memijat arteri karotis serta teknik pernapasan) untuk memperlambat denyut jantu
(ver/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons