-
-

Monday, November 28, 2011

Menkes: Bayi Nangis Darah di Tangerang akan Dibantu Pemerintah



Muhammad Rehan (dok:detikcom)Jakarta, Muhammad Rehan, bayi usia 3 minggu asal Tangerang mengeluarkan darah dari kedua matanya setiap kali menangis keras. Menteri kesehatan mengaku belum menerima laporan lebih rinci, namun berjanji akan memberikan bantuan jika memang berasal dari keluarga tidak mampu.

"Kalau memang tidak mampu, tentunya kita akan bantu. Bisa melalui program pemerintah kota kalau berasal dari kota tangerang, atau kalau terdaftar sebagai peserta jamkesmas ya bisa pakai jamkesmas," kata Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih usai upacara Hari Kesehatan Nasional ke-47 di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Senin (14/11/2011).

Mengenai kondisi yang membuat mata Rehan mengeluarkan darah saat menangis, Menkes mengaku belum tahu karena belum mendapatkan laporan lengkapnya. Menkes bahkan belum berani memastikan, apakah kondisi ini disebabkan oleh infeksi pada mata atau sebab lain.

Menurut laporan sementara yang diterima oleh Menkes, bayi Rehan saat ini sudah ditangani oleh sebuah rumah sakit di tanggerang. Karena belum tahu kondisi pastinya, Menkes belum tahu apakah bayi malang ini perlu dirujuk ke rumah sakit lain yang lebih memadai misalnya RS Cipto Mangunkusumo.

Seperti diberitakan detiknews sebelumnya, bayi berusia 3 minggu asal Cikupa, Tangerang mengeluarkan air mata darah setiap kali menangis kencang. Bayi bernama Muhammad Rehan tersebut sudah mengalami kondisi tersebut sejak 26 Oktober 2011 dan sudah diperiksakan ke dokter spesialis mata di Tangerang.

Dokter yang memeriksanya menduga, kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi pada mata namun belum terlalu parah. Untuk sementara, bayi Rehan hanya diberi obat tetes mata untuk menjaga kondisi matanya agar tetap steril.

Bayi Rehan merupakan anak dari pasangan Muhammad Andri Riyanto dan Siti Muamalah, keduanya adalah warga Cikupa, Tangerang. Sehari-hari, Andri bekerja sebagai buruh dengan penghasilan sekitar Rp 700 ribu/bulan sedangkan Siti tidak bekerja dan sehari-hari hanya menjalankan tugas sebagai ibu ruma
(up/ir)
detikhealth.com
-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons