-
-

Monday, November 07, 2011

Tes Darah untuk Tahu Kondisi Jantung dan Paru-paru Perokok


(Foto: thinkstock)Jakarta, Perokok diketahui lebih rentan mengalami berbagai macam penyakit kronis seperti jantung. Kini peneliti tengah mengembangkan tes darah yang bisa mengetahui kondisi jantung dan paru-paru perokok.

Para peneliti dari UT Southwestern Medical Center telah menemukan tes darah sederhana yang nantinya bisa digunakan untuk mengukur toksisitas paru-paru dan risiko penyakit jantung seorang perokok.

"Kadar protein di paru-paru yang ditemukan dalam darah perokok bisa menunjukkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah yang berbahaya," ujar Dr Anand Rohatgi, profesor penyakit dalam dari UT Southwestern, seperti dikutip dari ScienceDaily, Kamis (27/10/2011).

Dalam studi ini peneliti mengukur jumlah pulmonary surfactant B (SP-B) yaitu protein yang ditemukan dalam sel paru-paru yang rusak. Peneliti menemukan perokok dengan tingkat SP-B tinggi ternyata memiliki penumpukan plak yang lebih berbahaya di dalam aorta (arteri terbesar dengan cabang yang mengarah ke panggul, perut dan kaki).

Penelitian ini dilakukan karena sebagian besar perokok nantinya akan kehilangan produktivitas dan membutuhkan biaya pengobatan besar, sehingga diharapkan tes darah ini bisa menjadi cara untuk deteksi dini.

"Merokok adalah salah satu kontributor terbesar bagi perkembangan penyakit jantung, dan tes ini bisa mengukur efek dari rokok yang berkontribusi pada penyakit jantung atherosclerotic," ujar Dr Rohatgi.

Peningkatan risiko serangan jantung, stroke dan kematian akibat penyakit jantung pada perokok bervariasi antar individu dan sampai saat ini belum ada tes darah yang bisa mengukur varisi tersebut.

Kini peneliti tengah melakukan evaluasi lebih lanjut untuk menyelidiki apakah SP-B menyebabkan artherosclerosis atau hanya sebagai penanda penyakit itu saja, serta untuk mengetahui apakah penurunan tingkat SP-B bisa memperbaiki penyembuhan penyakit jantung.

Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology oleh American Heart Association.


ver/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons