-
-

Sunday, November 13, 2011

IFS: Kelahiran Agustus Cenderung Kuliah di Kampus Bergengsi


Ilustrasi (foto: Thinkstock)Jakarta, Meskipun terdengar seperti ramalan primbon, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa bulan kelahiran seseorang berdampak pada jenjang pendidikannya. Bayi yang lahir pada bulan Agustus cenderung mampu menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi dan lebih mungkin mempelajari bidang yang praktis daripada bayi yang lahir pada awal tahun akademik.

The Institute for Fiscal Studies (IFS) di AS menemukan bahwa bayi yang lahir menjelang akhir tahun akademik kemungkinan besar akan tertinggal di belakang teman-temannya pada usia tujuh tahun, terlepas dari latar belakang sosialnya. Kelahiran Agustus mempunyai usia yang pas saat masuk sekolah di AS yang jadwal ajaran barunya di awal bulan September.

Anak-anak yang paling muda pada tahun akademik memiliki kemungkinan 20 persen lebih besar kuliah di perguruan tinggi bergengsi dibandingkan dengan anak yang lahir bulan September. Namun mereka kecil kemungkinannya menjadi ketua kelas atau presiden klub dan memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam kemampuan akademisnya.

"Kami menemukan bukti mengenai perbedaan besar dan signifikan antara anak kelahiran Agustus dan September dalam hal kemampuan kognitifnya, baik diukur dengan menggunakan tes prestasi nasional ataupun dengan indikator alternatif seperti British Ability Scales," kata peneliti sepreti dikutip FoxNews, Selasa (2/11/2011).

"Kesenjangan ini terutama dibuktikan ketika mempertimbangkan laporan para guru mengenai prestasi anak-anak tersebut, apalagi para guru juga hadir ketika mempertimbangkan perbedaan perkembangan sosio-emosional dan keterlibatan dalam berbagai perilaku berisiko," imbuh para peneliti.

Penelitian yang digawangi Claire Crawford, Lorraine Dearden and Ellen Greaves Anak ini menegaskan bahwa anak yang lahir pada bulan Agustus lebih mungkin melaporkan perasaan sedih atau pengalaman bullying pada usia mudanya daripada anak yang lahir pada bulan September.

IFS mengatakan bahwa penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan cara mengatasi kelemahan dari anggota termuda dalam kelompok sebaya. Peneliti juga berencana untuk melakukan penelitian tambahan mengenai cara mengatasi ketidakseimbangan tersebut.


ir/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons