-
-

Saturday, November 12, 2011

Periksa Kolonoskopi Lebih Akurat Jika Dokter Dengarkan Mozart


(Foto: thinkstock)Jakarta, Musik Mozart biasanya diketahui baik untuk perkembangan otak anak. Tapi studi menemukan dokter yang mendengarkan musik Mozart saat melakukan kolonoskopi akan memiliki performa lebih baik.

Kolonoskopi adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa saluran usus besar dengan menggunakan alat berupa lensa serat optik yang sangat lentur yang dimasukkan melalui anus hingga mencapai usus besar.

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui kondisi dinding usus besar apakah ada polip atau kelainan lain yang timbul yang dicurigai bisa menjadi ganas.

Studi yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American College of Gastroenterology di Washington menuturkan dokter yang melakukan kolonoskopi mungkin bisa menemukan dan menghapus polip lebih baik jika mendengarkan Mozart selama prosedur.

Penelitian ini didasarkan pada teori yang disebut dengan efek Mozart. Pada jurnal Nature tahun 1993 diketahui musik Mozart bisa meningkatkan kemampuan seseorang untuk memvisualisasikan pola spasial.

Studi ini dilakukan dua peneliti dari University of Texas Health Science Center di Houston, yaitu Catherine Noelle O'Shea dan David Wolf. Keduanya memutuskan menguji efek Mozart pada 2 dokter yang melakukan kolonoskopi.

Ketika kedua dokter ini mendengarkan Mozart saat melakukan kolonoskopi, maka adenoma yang berhasil di deteksi meningkat sekitar 66 persen dan 37 persen. Hal ini berarti dokter lebih banyak menemukan polip prakanker yang berkembang sehingga deteksi menjadi lebih baik.

Polip adalah pertumbuhan kecil di usus yang pada 10 tahun ke depan bisa berubah menjadi kanker, sehingga semakin banyak polip yang bisa diangkat akan mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

Efek Mozart secara umum memang sulit untuk dibuktikan, namun tak ada salahnya untuk memasukkan musik Mozart saat harus melakukan kolonoskopi. Meski tetap diperlukan studi dalam jumlah besar untuk melihat efeknya lebih lanjut.


ver/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons