-
-

Thursday, May 26, 2011

Karyawan Perempuan Lebih Sering Bolos Karena Sakit


foto: ThinkstockLondon, Dibandingkan laki-laki, karyawan perempuan rata-rata lebih sering bolos atau tidak masuk kerja dengan alasan sakit. Meski begitu, untuk keluhan yang sama perempuan lebih bisa menahan sakit untuk tetap masuk kerja dibanding laki-laki.

Menurut penelitian Lawrence Christensen dari Benenden Healthcare Society, dalam setahun perusahaan melayani permohonan izin tidak masuk kerja dengan alasan sakit rata-rata 3,5 hari. Jika dihitung sepanjang karirnya, diperoleh rata-rata tiap karyawan bolos 141 hari.

Pusing dan infeksi merupakan 2 alasan paling banyak disampaikan oleh karyawan kepada atasannya ketika sakit dan terpaksa tidak masuk kerja. Lebih spesifik, penyakit infeksi yang paling sering berujung bolos kerja adalah influenza dan masalah pencernaan.

Karyawan perempuan lebih sering bolos dengan alasan sakit yakni selama 189 hari sepanjang karirnya. Angka ini lebih besar dibandingkan pada karyawan laki-laki yang memiliki rata-rata jumlah hari tidak masuk kerja karena sakit hanya 140 hari sepanjang karirnya.

Meski begitu, penelitian yang melibatkan 2.000 responden di Inggris ini mengungkap bahwa perempuan lebih gigih melawan sakit agar bisa tetap masuk kerja. Sebanyak 9 dari 10 karyawan perempuan berusaha tetap hadir meski sakit, sementara pada laki-laki hanya 8 dari 10 karyawan.

Perasaan bersalah jika tidak hadir ke kantor karena sakit dialami oleh 2 dari 3 karyawan perempuan, sementara pada laki-laki hanya 1 dari 3 karyawan yang mengalaminya. Ironisnya, 25 persen laki-laki tetap dipanggil ke kantor meski sakit karena atasannya tidak percaya.

Rekam jejak (track record) yang buruk pada karyawan laki-laki membuat para atasan tidak mudah percaya. Dikutip dari Telegraph, Rabu (25/5/2011), karyawan laki-laki cenderung lebih mudah memutuskan untuk bolos hanya karena keluhan ringan seperti migrain dan radang tenggorokan.

Sebaliknya, perempuan lebih mampu menoleransi penyakitnya meski pada akhirnya tetap lebih sering bolos karena sakit dibandingkan laki-laki. Menurut penelitian ini, sebagian besar karyawan perempuan tetap masuk kerja jika keluhannya hanya mual muntah, flu dan demam.

up/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons