-
-

Wednesday, May 25, 2011

Hasil Uji BPOM: Air Zam-zam yang Dijual di Jakarta Aman


(dok: BBC)Jakarta, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan uji sampling terhadap penjualan air zam-zam yang ada di Pasar Tanah Abang dan Jatinegara Jakarta. Hasilnya, air zam-zam yang dijual aman dikonsumsi. Jumlah kandungan arseniknya masih memenuhi syarat dan aman.

BPOM berinisiatif melakukan uji sampling air zam-zam yang dijual di Indonesia, setelah merebaknya kasus pencemaran arsenik dalam air zam-zam di Inggris.
BPOM langsung melakukan penelitian agar masyarakat tidak resah terhadap isu air zam-zam beracun.

BPOM melakukan sampling dan pengujian laboratorium terhadap air dalam wadah yang diberi label 'Air Zam-zam' dan diperjualbelikan di Pasar Tanah Abang dan Pasar Jatinegara Jakarta.

Hasil sampling dan pengujian menunjukkan bahwa kandungan arsenik dalam air wadah yang diberi label 'air zam-zam' tersebut memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) Air Mineral Alami yaitu dibawah 0,05 mg/liter, seperti dikutip dari rilis Kepala Biro Hukum dan Humas Badan POM RI yang diterima http://hsa.blogspot.com, Rabu (25/5/2011).

Selain itu BPOM RI juga melakukan pengujian terhadap kandungan mikroba MPN Coliform dan E.coli serta kandungan bahan kimia atau logam lain seperti kadmium, timbal, tembaga, merkuri (raksa), mangan, kromium, barium, selenium dan nikel. Hasilnya semua kandungan tersebut masih memenuhi syarat SNI.

Meski begitu BPOM menghimbau kepada masyarakat yang memiliki air wadah berlabel 'air zam-zam' tersebut agar menggunakan kemasan atau wadah yang memadai dan disimpan di tempat yang bersih serta higienis, tidak terkena matahari secara langsung dan tidak berdekatan dengan bahan kimia berbahaya.

Selama ini air zam-zam diyakini oleh masyarakat untuk kesehatan, dan beberapa studi menujukkan bahwa air zam-zam mengandung kadar flouride yang tinggi, flouride ini memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Serta memiliki kandungan ion kalsium yang tinggi.

Kasus pencemaran arsenik dalam air zam-zam di Inggris terungkap baru-baru ini ketika tim BBC menguji sampel air zam-zam yang dijual secara ilegal oleh beberapa toko buku muslim di Wandsworth (sebelah barat London), Upton Park (London timur) serta di Luton, Bedfordshire.

Atas penemuan di Inggris itu, juru bicara kedutaan besar Arab Saudi di London menegaskan tidak ada pencemaran air zam-zam yang diambil dari sumber aslinya di Mekkah. Arab Saudi juga tidak pernah mengekspor air zam-zam untuk tujuan komersial, sehingga perlu dipastikan lagi keaslian air tersebut.
ver/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons