-
-

Wednesday, May 25, 2011

Organ Tubuh Terus Membesar Akibat Hormon yang Tak Terkontrol


Tanya Angus (dok: ABC)Las Vegas, Umumnya pada usia tertentu pertumbuhan seseorang akan terhenti. Tapi seorang perempuan di Las Vegas memiliki pertumbuhan yang tidak terkontrol sehingga membuat tubuhnya tinggi besar akibat penyakit akromegali. Organ-organ di dalam tubuhnya seperti jantung dan paru-paru ikut membesar.

Tanya Angus (32 tahun) memiliki tinggi badan 210,82 cm dan berat badan 150 kg. Awalnya ia memiliki berat badan hingga 204 kg hingga sang orangtua tidak tahu bagaimana cara membawanya ke rumah sakit di California pada Oktober 2010.

"Segala sesuatu yang ada di dalam tubuh saya membesar termasuk jantung, paru-paru, sendi dan bagian tubuh lainnya," ujar Tanya Angus, seperti dikutip dari ABCNews.go.com, Rabu (25/5/2011).

Kondisi akromegali yang diderita Tanya terbilang salah satu yang terburuk, karena hampir setiap bagian tubuhnya ikut membesar. Meski begitu ia tidak menyerah dan terus berusaha mencari pengobatan untuk mengatasi hormon pertumbuhan yang berlebihan.

Akromegali adalah gangguan hipofisis langka yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak. Cairan yang terakumulasi di dalam tubuh menyebabkan tekanan pada beberapa sistem dalam tubuh, karenanya pasien lebih rentan terkena jantung, hipertensi dan diabetes.

"Semuanya akan membengkak dan fitur wajah menjadi tidak normal," ujar Dr Laurence Katznelson, profesor kedokteran dan bedah saraf dari Stanford University Hospital di California.

Dr Katznelson menuturkan penyakit ini tidak diturunkan dalam riwayat keluarga dan terjadi secara sporadis. Penderita akromegali akan mengalami sakit kepala parah serta rentan terkena osteoartritis dini. Dan biasanya saat didiagnosis ia sudah memiliki berbagai macam masalah medis.

"Umumnya pasien tidak melihat dirinya langsung terlihat lebih besar dan jika melihat cermin setiap hari tidak akan melihat perubahan. Tapi jika melihat foto-foto yang dikumpulkan dalam 10 tahun terakhir akan terlihat perbedaannya," ungkap Dr Katznelson.

Tapi kini Tanya Angus mengonsumsi obat baru yaitu Somatuline yang membuat berat badannya berkurang dan kadar hormonnya menurun drastis. Sejak mengonsumsi obat tersebut hormon pertumbuhannya telah turun dari 1.000 menjadi 602.

Baru-baru ini Angus menghadiri sebuah konferensi akromegali di Hotel Mirage di las Vegas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit ini. Karena di luar sana banyak sekali informasi seputar jantung atau kanker, tapi sedikit sekali informasi tentang akromegali.
ver/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons