-
-

Monday, May 30, 2011

Virus Misterius Serang Warga Korsel, Diduga Sejenis Flu


foto: ThinkstockSeoul, Serangan virus misterius menjangkiti 8 warga Korea Selatan, sebagian besar adalah ibu hamil. Korban tewas hingga kini mencapai 2 orang. Belum bisa dipastikan jenis virusnya, namun diduga masih terkait dengan flu babi atau H1N1.

Badan pencegahan penyakit Korea Selatan, Korea Center for Disaster Control and Prevention (KCDC) saat ini tengah memeriksa spesimen yang diambil dari pasien untuk diperiksa secara genetis. Diperkirakan jenis virus tersebut baru bisa diketahui 8 pekan ke depan.

"Virus yang kami dapat dari spesimen tersebut lebih dari virus flu biasa. Kami butuh waktu lebih lama untuk melihat penyebab gangguan pada paru-parunya," ungkap Yang Byoung-goog, juru bicara KCDC seperti dikutip dari Recombinomics, Senin (30/5/2011).

Belum ada penjelasan lebih rinci, namun komentar Byoung-goog menyiratkan adanya keterlibatan sejenis virus flu yakni H1N1. Terlebih secara demografi, Byoung-goog menilai kedelapan pasien memenuhi kriteria untuk dicurigai sebagai pasien H1N1.

Seperti dikutip dari Xinhua, 7 dari 8 pasien yang terjangkit virus misterius tersebut merupakan ibu hamil dan rata-rata sudah hampir melahirkan. Sisanya adalah seorang pria berusia sekitar 40 tahun yang tengah dirawat intensif di ibukota negara, Seoul.

Kedua korban tewas merupakan ibu hamil, salah satunya perempuan berusia 36 tahun dengan usia kandungan mencapai 9 bulan. Ia tewas hanya berselang 15 hari dari kematian korban pertama yang juga hamil, namun dokter berhasil menyelamatkan bayi yang dikandung oleh keduanya.

Para korban tewas umumnya mengalami gejala awal mirip flu, namun berlanjut dengan pulmonary fibrosis yakni sejenis perlukaan pada jaringan paru-paru. Perlukaan yang disertai penebalan jaringan tersebut memicu kegagalan multiorgan yang mematikan.

Sementara itu, 5 dari 6 korban yang masih hidup kini tengah menanti saat-saat kelahiran bayinya sambil terus menjalani perawatan intensif. Dua pasien sudah boleh pulang setelah mendapatkan donor untuk transplantasi atau cangkok jaringan paru-paru.
up/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons