-
-

Thursday, May 26, 2011

Laki-laki Lebih Sensitif Terhadap Alergi


(Foto: thinkstock)Jakarta, Alergi merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal dan bisa menyerang siapa saja. Tapi studi menunjukkan bahwa alergi lebih mudah menyerang kaum laki-laki dibanding perempuan.

Sebuah penelitian besar yang melibatkan 14 juta tes darah menunjukkan bahwa laki-laki memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap 11 jenis alergen yang umum terjadi dibanding perempuan.

Tes darah yang dilakukan untuk menguji keberadaan dari immunoglobulin E (IgE) dalam mendeteksi 11 alergen umum tersebut, termasuk rumput, jamur, debu, bulu anjing, kucing, tungau dan lima jenis makanan yaitu putih telur, susu, kacang tanah, kedelai dan gandum.

Berdasarkan studi tersebut diketahui bahwa tingkat sensitivitas terhadap 11 alergen umum yang dievaluasi dalam darah sekitar 10 persen lebih tinggi pada laki-laki dewasa dibandingkan perempuan, untuk semua kelompok umur.

"Studi kami menunjukkan bahwa alergi pada laki-laki memang kurang lazim dibanding dengan perempuan, ada kemungkinan alergi yang terjadi pada laki-laki tidak terdiagnosis dengan baik," ujar peneliti Stanley J naides, MD, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Kamis (26/5/2011).

Menurut Asthma and Allergy Foundation of America (AAFF) menuturkan bahwa 51 persen orang yang mengalami gejala alergi telah salah didiagnosis sebagai sinusitis. Kondisi ini kemungkinan yang menyebabkan alergi pada beberapa orang tidak terdeteksi.

"Kami menduga beberapa orang menganggap dirinya terkena pilek, batuk dan gejala lain yang muncul karena alergi. Tapi jika alergi tersebut didiagnosis dengan tepat maka ia bisa diobati," ujar Harvey W Kaufman, MD.

Alergi terjadi ketika alergen tersebut masuk dan tubuh akan memproduksi suatu antibodi IgE. Jika kadar IgE dalam darah seseorang tinggi terhadap alergen tertentu, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa kemungkinan ia memiliki alergi.

Untuk mendiagnosis jenis alergi yang diderita seseorang biasanya dokter akan menggunakan tes darah bersamaan dengan evaluasi dari gejala, riwayat kesehatan pasien serta faktor lain yang bisa mempengaruhi timbulnya alergi.
ver/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons