-
-

Monday, May 23, 2011

Cek Kolesterol Perlu Dilakukan Sejak Umur 2 Tahun


(Foto: thinkstock)Jakarta, Kadar kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko berbagai penyakit berbahaya sehingga harus sering-sering diperiksa. Bukan hanya orang dewasa yang harus melakukannya, anak-anak juga perlu diperiksa bahkan sejak masih umur 2 tahun.

Sebuah pedoman kesehatan yang dirilis National Lipid Association merekomendasikan agar anak-anak mulai memeriksa kadar kolesterol pada usia 9-11 tahun. Bahkan jika punya riwayat sakit jantung di keluarganya, pemeriksaan perlu dilakukan sejak usia 2 tahun.

"Penting bagi seseorang untuk mengetahuinya jika memiliki riwayat kolesterol tinggi di keluarganya," ungkap Dr Patrick M Moriaty dari University of Kansas yang turut menyusun pedoman tersebut, seperti dikutip dari HealthDay, Senin (23/5/2011).

Pemeriksaan sejak dini menurutnya bisa memberikan diagnosis lebih awal sehingga mudah untuk melakukan intevensi baik melalui diet maupun pengobatan. Perubahan kecil jika dilakukan sejak dini bisa memberi dampak yang besar saat tumbuh dewasa.

Jika diperlukan, pengobatan juga akan bekerja dengan lebih efektif jika diberikan sejak awal. Hiperkolesterolemia atau kelebihan kadar kolesterol jahat di dalam darah sulit diatasi jika sudah terlanjur parah, misalnya karena terlambat didiagnosis.

Kolesterol jahat yang dinamakan Low Density Cholesterol (LDL) berpotensi menyumbat pembuluh darah jika kadarnya terlalu tinggi. Risiko terburuk jika aliran darah tersumbat adalah serangan jantung, atau stroke jika terjadi pada pembuluh darah yang menuju otak.

Karena merupakan kondisi yang bisa diturunkan, hiperkolesterolemia seharusnya bisa didiagnosis lebih awal. Kenyataannya, Dr Moriaty memperkirakan hanya 20 persen penderita yang didiagnosis sejak dini sedangkan sisanya tidak tertangani dengan baik.

up/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com
Informasi pemasangan iklan
Ines - 7941177 ext.523
Elin - 7941177 ext.520
email : iklan@detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons