-
-

Friday, May 13, 2011

Cegah Kegemukan, Kantin Dipasangi Kamera Pengintai


foto: ThinkstockSan Antonio, Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencegah kegemukan di sekolah. Salah satunya dengan memasang kamera pengintai, yang bisa menghitung jumlah kalori dalam menu makan siang para siswa dan mengirim laporannya ke orangtuanya masing-masing.

Setiap kali para murid mengambil piring makan di kantin, kamera tersebut langsung mengintai isi piring tersebut dan secara otomatis akan menghitung jumlah kalorinya. Jika berlebihan, siswa bisa mengurangi porsi maupun jenis menu yang dipesannya.

Selain bisa langsung diketahui siswa, perhitungan kalori oleh kamera pengintai juga bisa diakses oleh orangtua. Secara periodik, pihak sekolah akan menyerahkan rekaman data jumlah kalori yang dikonsumsi anak dari menu makannya selama di sekolah.

Untuk menghitung kalori dalam menu makan siswa, kamera tersebut tidak benar-benar merekam gambarnya. Jumlah kalori dihitung dengan software canggih yang mampu mengenali jenis makanan berdasarkan bentuk, tekstur dan warna yang akan dicocokkan dengan database 7.500 jenis makanan.

"Dengan cara ini kita bisa menilai apakah program-program untuk menekan angka obesitas telah berhasil atau perlu ditingkatkan," ungkap Dr Roberto Trevino dari Social & Health Research Center yang menangani proyek tersebut, seperti dikutip dari Times, (13/5/2011).

Kamera canggih semacam itu mulai dipasang di beberapa kantin sekolah di San Antonio, Amerika Serikat. Untuk tahap awal, pemasangan kamera dilakukan di wilayah yang rawan kegemukan termasuk Buxan County yang 33 persen penduduknya menderita obesitas.

Dengan subsidi anggaran sekitar Rp 17 miliar, dinas kesehatan San Antonio berencana memasang kamera itu di seluruh kantin sekolah. Dengan cara ini, orangtua maupun siswa yang bersangkutan bisa berdiet dan mengatur porsi makan dengan lebih mudah.

Pemasangan kamera pengintai oleh dinas kesehatan San Antonio merupakan bagian dari proyek besar Amerika Serikat untuk menekan jumlah penderita obesitas anak di negara tersebut. Di negara bagian lain seperti Los Angeles, pencegahan obesitas dilakukan dengan melarang kantin berjualan susu cokelat.

up/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons