-
-

Thursday, May 05, 2011

Hindari Cacat Pasien, Tenaga Kesehatan Jangan Bikin Salah


(Foto: thinkstock)Jakarta, Tenaga kesehatan bertugas melayani masyarakat dalam mencegah atau pun mengobati penyakit. Untuk menghindari dampak cacat yang mungkin timbul pada pasien, maka tenaga kesehatan diharapkan tidak membuat salah.

"Bidang kesehatan mirip dengan bidang perhubungan yang harus meminimalkan error (kesalahan) dalam pelayanan," ujar Prof dr Laksono Trisnantoro, MSc, PhD dalam acara seminar sehari 'Kepemimpinan Aparatur' di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (5/5/2011).

Prof Laksono mengungkapkan seperti halnya penerbangan, maka segala sesuatunya harus dicek terlebih dahulu sebelum terbang. Karena jika ada kesalahan seperti ban yang tidak keluar maka bisa mengakibatkan kecelakaan.

"Kecelakaan yang terjadi bisa menimbulkan cacat yang biasanya tidak bisa dikembalikan seperti semula," ujar Prof Laksono dari PMPK Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) FK UGM Yogyakarta.

Selain itu hal penting lain yang harus ada dalam pelayanan kesehatan adalah adanya kejelasan mengenai siapa yang menjadi operator dan siapa yang menjadi regulator. Karena tidak bisa seorang regulator juga turut menjadi operator dan kebalikannya.

Dalam hal ini rumah sakit sudah memiliki aturannya sendiri dan yang melakukannya adalah dokter, keduanya bertindak sebagai operator, sedangkan lembaga pengawas yang bertindak sebagai regulator adalah Kemenkes, Dinkes dan profesi.

"Rumah sakit di Indonesia saat ini sudah semakin menemukan bentuk dan semakin banyak aturannya, dan rumah sakit ini terdiri dari rumah sakit publik yang tidak mencari untung serta rumah sakit private," ungkapnya.

Untuk itu diperlukan pengelolaan program pelayanan kesehatan yang lebih baik guna mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan, serta meminimalkan kesalahan yang terjadi dalam pelayanan kesehatan.
ver/ir)

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons