-
-

Friday, July 08, 2011

Rumah Sakit Kanker Swasta Pertama Diresmikan


Alat Terapi Kanker RapidArc (ist)Jakarta, Rumah Sakit khusus kanker yang pertama dikelola swasta akhirnya resmi beroperasi. Rumah Sakit Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam milik konglomerat Mochtar Riady itu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selama ini rujukan utama penyakit kanker di Indonesia adalah Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta yang notabene milik pemerintah dan ada di bawah kementerian kesehatan. Kini dengan munculnya MRCCC menambah jumlah rumah sakit yang khusus menangani penyakit kanker.

Rumah Sakit MRCCC Siloam yang berlokasi di di Jl Garnisun, Semanggi Jakarta ini, peresmiannya dilakukan Presiden SBY pukul 11.00 WIB, Kamis (7/7/2011). Presiden SBY dan Ny. Ani Yudhoyono, didampingi sejumlah pejabat seperti Menko Kesra Agung Laksono, Menkes Sri Endang Rahayu Sedyaningsih, Ny. Karlina Umar Wirahadikusumah dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

"Harapan kami RS MRCCC dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini misi kami demi pemerataan peyanan kesehatan di Indonesia," kata Mochtar Riady, pendiri RS MRCCC yang juga pendiri imperium bisnis Lippo Group.

Di dalam pidato sambutannya, Mochtar juga menyatakan ada dua alasan yang mendorongnya untuk mendirikan RS khusus kanker ini. Pertama adalah pengalamannya menyaksikan Ayahnya digerogoti kanker lambung. "Ayah saya meninggal dalan usia 60 tahun akibat kanker lambung. Saya tidak tega melihat kesakitan beliau," ujarnya.

Alasan kedua adalah fakta bahwa ratusan ribu WNI berobat ke luar negeri dengan anggapan RS di dalam negeri kurang bermutu. Tercatat setiap tahunnya ada 600 ribu orang berobat ke luar negeri dengan nilai dana dibelanjakan mencapai Rp 20 triliun.

"Kami berharap pemerintah bisa mendukung agar RS nasional bisa berkualitas internasional," imbuh Mochtar.

Bangunan RS MRCCC yang terdiri dari 30 lantai. Proses pembangunannya telah berlangsung sejak 2007 dengan nilai investasi
(lh/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons