-
-

Saturday, July 16, 2011

Anak Kecil Juga Bisa Memiliki Rambut Uban


(Foto: thinkstok)Jakarta, Rambut uban umumnya dijumpai pada orang yang sudah berusia lanjut atau dewasa tua. Tapi ternyata rambut uban juga bisa ditemukan pada anak-anak.

"Sebenarnya anak yang memiliki rambut uban adalah hal yang normal, dan masalah gizi merupakan penyebab yang paling umum terjadinya uban pada anak-anak," ujar Dr Jennifer Shu, seorang dokter anak dari Atlanta, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (16/7/2011).

Dr Shu menuturkan masalah gizi yang paling mungkin jadi penyebabnya adalah anemia (kekurangan zat besi) dan kekurangan vitamin B12 akibat pola makan yang salah atau penyerapan vitamin B12 yang buruk oleh saluran pencernaan.

Selain itu kondisi ini juga bisa disebabkan oleh faktor genetik seperti hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology Symposium Proceedings tahun 2005.

Masalah medis tertentu juga bisa menyebabkan rambut uban tumbuh lebih dini, seperti kadar tiroid yang abnormal (Grave's disease atau Hashimoto's disease). Hal ini karena kadar tiroid yang abnormal akan mempengaruhi proses metabolisme di dalam tubuh.

"Jika disebabkan oleh kondisi medis, maka pengobatan terhadap kondisi medis yang ada bisa membantu mencegah berkembangnya rambut uban pada anak-anak," dr Shu yang bekerja di Dartmouth-Hitchcock Medical Center, New Hampshire.

Jika uban yang muncul di rambut si kecil hanya 1-2 helai maka tidak perlu khawatir. Tapi jika uban yang muncul cukup banyak dan disertai dengan gejala lain, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Umumnya uban terjadi ketika sel-sel pigmen di kantung rambut (folikel) secara bertahap mulai mati. Bila kandungan pigem dalam sel rambut sedikit, maka rambut tidak lagi terisi banyak melanin yang nantinya akan mengubah warma rambut menjadi putih atau abu-abu.
ver/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons