-
-

Tuesday, July 26, 2011

Vaksin untuk Melawan Kecanduan Heroin Tingkat Tinggi


(Foto: thinkstock)Jakarta, Lepas dari kecanduan heroin adalah suatu hal yang sulit. Kini peneliti dari The Scripps Research Institute telah mengembangkan vaksin yang sangat sukses melawan kecanduan heroin tinggi.

Studi baru yang diterbitkan dalam American Chemical Society's Journal of Medicinal Chemistry menunjukkan bahwa vaksin yang diciptakan bisa menghasilkan antibodi (molekul kekebalan) yang dapat menghentikan efek euforia yang ditimbulkan dari heroin dan senyawa psikoaktif lainnya.

"Dalam waktu 25 tahun saya membuat vaksin untuk penyalahgunaan obat, saya belum pernah melihat adanya respons kekebalan kuat seperti yang dimiliki untuk vaksin anti-heroin," ujar peneliti utama Kim D Janda dari The Skaggs Institute for Chemical Biology at Scripps Research, seperti dikutip dari Sciencedaily, Senin (25/7/2011).

Janda menuturkan vaksin ini sangat efektif dan diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu pilihan terapi dalam membantu orang-orang yang berusaha terlepas dari kecanduan heroin.

Kini usaha dari para peneliti selama 4 dekade terakhir untuk menciptakan vaksin heroin bisa terbilang hampir mendekati keberhasilan. Dibutuhkannya waktu yang lama karena heroin merupakan target yang sulit dipahami metabolismenya.

Dalam studi baru ini, tim peneliti dari Scripps Research menggunakan pendekatan dinamis yang tidak hanya menargetkan heroin itu sendiri tapi juga bahan kimia lain yang didegradasi menjadi 6-acetylmorphine (6AM) dan morfin.

"Heroin bersifat lipofilik dan cepat terdegradasi menjadi 6-acetylmorphine (6AM). Keduanya mudah melintasi blood-brain barrier sehingga bisa mencapai reseptor opiod di otak," ujar Neil G Stowe.

Vaksin heroin ini sangat spesifik yang berarti hanya menghasilkan respons antibodi terhadap heroin serta 6-acetylmorphine, dan tidak untuk obat opioid lain seperti oxycodone, metadon, naltrexone dan nalakson.

"Hal ini penting karena berarti vaksin anti-heroin bisa digunakan dalam kombinasi dengan terapi rehabilitasi lainnya," ujar Janda.
ver/ir)





detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons