-
-

Wednesday, July 20, 2011

Remaja Ceria akan Tumbuh Jadi Dewasa yang Sehat


(Foto: thinkstock)Chicago, Remaja adalah proses peralihan dari anak ke dewasa. Studi menunjukkan remaja yang ceria dan memiliki pandangan positif lebih mungkin tumbuh menjadi dewasa muda yang sehat dibandingkan dengan remaja yang sering murung dan tidak bahagia.

Hal ini sesuai dengan studi baru yang dilakukan peneliti di Northwestern University. Peneliti menemukan bahwa remaja yang tumbuh dengan bahagia, ceria dan memiliki pandangan positif akan lebih mungkin menjalani pola hidup yang sehat.

Menurut peneliti, remaja yang besar dalam keluarga yang bermasalah yang kemudian membuatnya tidak bahagia akan cenderung terlibat dalam perilaku hidup yang tidak sehat, seperti merokok, pesta minum alkohol atau makan makanan yang tidak sehat.

"Banyak intervensi program kesehatan bagi remaja, tapi kesejahteraan kesehatan jangka panjang, memperkuat dan berusaha untuk mengembangkan karakteristik psikologis yang positif adalah sesuatu yang perlu kita pikirkan," ujar peneliti Lindsay Till Hoyt, seperti dilansir Livescience, Rabu (20/7/2011).

Peneliti mengatakan bahwa kesejahteraan yang positif selama masa remaja secara signifikan berhubungan dengan pelaporan kesehatan yang sangat baik di masa dewasa muda.

Dalam studi ini, peneliti meninjau data yang dikumpulkan dari 10.147 remaja yang mengambil bagian dalam studi National Longitudinal Study of Adolescent Health, yang dimulai sejak tahun 1994. Para remaja kemudian menjawab serangkaian pertanyaan pada tahun 1994, 1996 dan 2001 tentang kesehatan fisik dan emosional.

Pertanyaan kesejahteraan difokuskan pada arti kebahagiaan, kenikmatan hidup, harapan masa depan, harga diri dan penerimaan sosial bagi remaja.

Peneliti membandingkan tanggapan remaja pada tahun 1994 dan 2001, kemudian melakukan tindak lanjut untuk melihat apakah pandangan positif bisa memprediksi kesehatan umum yang dirasakan dan perilaku kesehatan berisiko di masa dewasa muda.

Hasil studi telah dipublikasikan dalam Journal of Adolescent Health edisi Juli.


mer/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons