-
-

Wednesday, July 20, 2011

Sisakan Sampah Makanan di Meja Jika Tidak Ingin Gemuk


foto: ThinkstockJakarta, Saat ngemil, sampahnya jangan buru-buru dibersihkan jika terasa masih lapar. Menurut penelitian, sampah berupa kulit kacang atau bungkus makanan yang berserakan bisa memangkas kalori hingga 40 persen karena nafsu makannya berkurang.

Masih terkait dengan kulit kacang, para ahli lebih menganjurkan untuk ngemil kacang yang masih ada kulitnya. Di pasaran banyak dijual kacang yang sudah dikupas, namun kacang garing yang masih ada kulitnya lebih bagus untuk ngemil karena akan menyisakan sampah.

Para peneliti dari Eastern Illinois University menyebut pengaruh sampah terhadap pola makan sebagai 'pistachio effect'. Pada prinsipnya, efek ini membuat sampah-sampah tersebut sebagai pengingat visual untuk mempercepat rasa kenyang agar berhenti ngemil.

"Ngemil kacang yang masih ada kulitnya memberi 2 keuntungan. yang pertama jadi agak repot, yang kedua sampahnya bisa jadi pengingat yang akan membatasi asupan kalori," ungkap salah seorang peneliti, James Painter seperti dikutip dari Mirror, Rabu (20/7/2011).

Teori ini bukan hanya sebatas dugaan karena dalam penelitiannya, Painter membuktikannya lewat sebuah eksperimen. Sebanyak 140 mahasiswa dilibatkan, sebagian diberi cemilan kacang yang sudah dikupas dan sisanya diberi kacang yang masih ada kulitnya.

Kelompok mahasiswa yang ngemil kacang tanpa kulit tercatat mendapat tambahan rata-rata 211 kalori/hari dari cemilannya tersebut. Sementara yang mendapat kacang berkulit, total asupan rata-ratanya adalah 125 kalori/hari atau 40 persen lebih rendah.

Menurut Painter, efek yang sama tidak hanya terjadi pada kacang, melainkan segala jenis makanan ringan yang serinng menjadi pemicu kegemukan. Untuk jenis makanan lain, kemasan plastiknya juga bisa menjadi pengingat visual yang akan menurunkan nafsu makan.
up/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons