-
-

Saturday, July 23, 2011

3 Kota di Indonesia yang Layak untuk Anak


(Foto: detikHealth)Jakarta, Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati 23 Juli ini, pemerintah melalui Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan untuk 3 Kota Layak Anak. Ketiganya adalah Surakarta (Jateng), Pontianak (Kalbar) serta Badung (Bali).

Kota Badung yang terletak di Provinsi Bali menerima penghargaan sebagai kota layak anak kategori Nindya, kota Surakarta untuk kategori Madya sedangkan kota Pontianak untuk kategori Pratama. Penghargaan tersebut diberikan dalam puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2011 yang digelar di Hall Rama Sinta, Dunia Fantasi, Ancol, Sabtu (23/7/2011).

Secara simbolis, ketiga kota tersebut mewakili 10 kabupaten/kota lain yang juga dinilai potensial untuk mengembangkan kota layak anak. Selengkapnya, 13 kabupaten/kota penerima penghargaan kota layak anak tahun 2011 adalah sebagai berikut.
1. Kebumen
2. Sleman
3. Grobogan
4. Deli serdang
5. Pontianak
6. Brebes
7. Sukabumi
8. Solo
9. Tulungagung
10. Surabaya
11. Denpasar
12. Rembang
13. Badung

Kota-kota yang mendapat penghargaan ini dipilih berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditentukan. Selain harus menjamin kesempatan pendidikan, kota layak anak juga harus menyediakan lingkungan dan sarana rekreasi untuk memenuhi kebutuhan bermain anak.

Tak ketinggalan, kota layak anak juga harus memberikan jaminan sosial dan kesehatan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan anak-anak. Salah satunya untuk memenuhi pencapaian target Millenium Development Goals yakni menekan angka kematian ibu dan anak.

Perlunya jaminan kesehatan sesuai dengan imbauan Wakil Presiden Indonesia, Boediono. Dalam sambutannya, Boediono mengatakan bahwa program-program pemerintah seperti Jampersal (Jaminan Persalinan) perlu ditingkatkan cakupan dan efektifitasnya.

"Tingkat kematian bayi di Indonesia masih tinggi, bahkan di beberapa daerah masih sangat tinggi," ungkap Boediono dalam pidatonya menyambut Hari Anak Nasional 2011 yang diperingati hari ini di Ancol Jakarta.
up/ir)





detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons