-
-

Thursday, July 21, 2011

4 Hal yang Memicu Timbulnya Suatu Penyakit


(Foto: thinkstock)Jakarta, Setiap orang memang tidak tahu kapan dirinya akan terkena suatu penyakit. Tapi ternyata penyebab seseorang sakit itu dipengaruhi oleh 4 hal, yang beberapa diantaranya bisa dicegah.

"Penyebab orang menjadi sakit itu ada 4 hal yaitu lingkungan, perilaku, kelainan bawaan dan akses ke tempat kesehatan," ujar Dr Prijo Sidipraptomo, SpRad(K) selaku Ketua PB IDI (Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia) dalam acara Kolaborasi Lifebouy-IDI: Dokter Kecil Menjadi Agen Perubahan Cilik untuk Kebiasaan Hidup Sehat di SDN Karet 01 Jakarta, Rabu (20/7/2011).

Dr Prijo menjelaskan sumbangan dari keempat hal tersbeut terhadap suatu penyakit berbeda-beda, yaitu:

Lingkungan yang tidak sehat menyumbang sebesar 30 persen Perilaku yang tidak sehat menyumbang sebesar 40 persen Kelainan bawaan menyumbang sebesar 20 persen Akses ke tempat kesehatan menyumbang sebesar 10 persen
Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa faktor pertama dan kedua turut menyumbang terhadap suatu penyakit lebih banyak yaitu sekitar 70 persen, dibandingkan dengan faktor lainnya.

"Faktor 1 dan 2 bisa diintervensi supaya menjadi lingkungan dan perilaku yang sehat. Andaikata kita melakukan itu maka kita bisa menajdi lebih baik atau sehat," ujar Dr Prijo.

Dr Prijo menuturkan dengan memiliki pola hidup yang sehat maka seseorang akan menjadi lebih jarang sakit dan tidak perlu ke dokter sehingga produktivitas kerjanya lebih baik.

"Masyarakat harus mulai mengubah kebiasaannya menjadi lebih baik dan mengubah paradigma kesehatannya dengan melakukan pencegahan bukan pengobatan," ujar dokter berusia 53 tahun ini.
ver/ir)





detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons