-
-

Wednesday, August 17, 2011

Ibu Menyusui Harus Dilindungi dari Gangguan-gangguan


(Foto: thinkstock)Jakarta, Sukses tidaknya ibu menyusui Air Susu Ibu (ASI) sangat tergantung dari banyak faktor. Selain faktor dari dalam dirinya, sukses menyusui juga harus didukung faktor dari luar. Jangan sampai ibu menyusui gagal memberikan ASI akibat gangguan dari luar.

"Menyusui merupakan hal yang kompleks, jadi ibu menyusui juga harus dilindungi dari faktor-faktor luar," ujar Nia Umar yang menjabat sebagai ketua IKMI (Ikatan Konselor Menyusui Indonesia) disela-sela acara Temu Nasional Konselor Menyusui ke-1 di gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (11/8/2011).

Gangguan dari luar tersebut menurut Nia adalah gencarnya promosi dan iklan yang dilakukan oleh produsen susu formula. Padahal bayi yang sudah mengenal susu formula umumnya sulit untuk mau menyusu ASI kembali.

Untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk melindungi ibu sehingga bisa menyukseskan program ASI eksklusif, serta dibutuhkan tekad dan motivasi dari ibu menyusui untuk mau memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

"Para ibu menyusui harus dipagari dengan kuat agar tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar sehingga bisa sukses menyusui, karena menyusui itu tantangannya banyak," ujar ibu dari 2 orang anak ini.

Nia menuturkan permasalahan yang ada saat ini adalah beberapa ibu merasa khawatir apakah ASI yang diberikan untuk buah hatinya sudah mencukupi atau belum. Padahal ASI yang dikeluarkan oleh ibu tidak bisa diukur seperti halnya membuat susu formula di botol.

Selain itu juga ada pemikiran bahwa memberikan bayi ASI atau susu formula itu sama saja. Padahal ada risiko-risiko tertentu yang mungkin terjadi jika bayi yang baru lahir diberikan susu formula, hal ini karena sistem pencernaannya belum berkembang secara optimal.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons