-
-

Sunday, August 28, 2011

Umur Berapa Orang yang Paling Bahagia?


(Foto: thinkstock)Jakarta, Setiap orang pasti menginginkan hidup yang bahagia dan sejahtera. Ternyata makin bertambah umur seseorang peluang menjadi orang paling bahagia lebih besar. Jadi umur berapa orang merasa paling bahagia?

Studi menemukan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan adalah dengan menambah usia beberapa tahun lagi. Hal ini karena orang yang tumbuh menjadi tua akan lebih bahagia.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Stanford University ini juga menunjukkan bahwa puncak kesejahteraan emosional terjadi pada sekitar usia 70 tahun, yang berarti pada umur itu orang memiliki suasana hati yang lebih baik dan menjadi paling bahagia.

Studi ini diikuti oleh peserta mulai usia 18-94 tahun selama periode 10 tahun. Hasilnya orang-orang yang sudah tua mengalami perasaan engatif yang disertai dengan perasaan positif, sehingga membuatnya lebih stabil. Kondisi ini yang menyebabkan orang tua lebih bijaksana dibandingkan dengan orang yang masih muda.

Penelitian serupa yang mengamati tentang proses penuaan dan juga kebahagiaan menunjukkan bahwa grafik dari kebahagiaan yang dialami oleh seseorang itu seperti huruf U.

"Ketika bayi dilahirkan maka ia akan merasa bahagia, lalu masuk ke dalam tahap depresi atau miskin kebahagiaan di usia pertengahan dewasa muda, tapi kurva kembali ke grafik kebahagiaan ketika menjadi tua," ujar peneliti, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (23/8/2011).

Hal ini menunjukkan bahwa ketika muda orang memang memiliki tubuh yang bagus, tapi ketika tua ia memiliki lebih banyak kedamaian batin. Sehingga menjadi tua bukanlah suatu hal yang benar-benar buruk.

Keadaan emosional yang lebih baik akan membuat seseorang memiliki rentang hidup yang lebih lama. Dengan pemahaman yang lebih mendalam akan semakin diketahui hubungan antara hidup positif dan panjang umur.

Secara keseluruhan kesejahteraan emosional meningkat jadi lebih positif seiring dengan bertambahnya usia, karena memiliki emosional yang sangat stabil. Selain itu orang yang memiliki emosi positif lebih banyak dibanding emosi negatif dalam kehidupan sehari-hari akan membuatnya memiliki usia lebih lama.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons