-
-

Saturday, August 27, 2011

Apoteker Berlimpah Tapi yang Kerja di Puskesmas Sangat Sedikit


foto: ThinkstockJakarta, Di banyak puskesmas, bukan hanya dokter saja yang langka tetapi juga tenaga kefarmasian khususnya apoteker. Dari 9 ribu puskesmas di seluruh Indonesia, hanya 10 persen yang punya apoteker padahal jumlah lulusan farmasi sangat berlimpah.

Untuk saat ini, kelangkaan apoteker di puskesmas belum terlalu menjadi masalah. Peraturan yang berlaku mengatakan, sebagian tugas dan wewenang seorang apoteker di layanan kesehatan dasar seperti puskesmas bisa digantikan oleh tenaga teknis kefarmasian.

Namun seperti halnya layanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit, tiap puskesmas idealnya memiliki seorang tenaga apoteker. Tenaga ini diharapkan bisa bermitra dengan dokter untuk menentukan terapi yang paling manjur, aman dan berkualitas bagi pasien.

Kondisi ideal seperti yang diharapkan tampaknya masih jauh dari kenyataan. Saat ini ada lebih dari 9 ribu puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia, namun ditaksir hanya sekitar 10 persen saja yang sudah memiliki minimal 1 orang tenaga apoteker.

Data ini cukup ironis jika dibandingkan dengan jumlah apoteker yang terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian Kemenkes, Engko Sosialine Magdalene, Apt mengatakan saat ini ada 40 ribu apoteker dengan laju pertumbuhan mencapai 4 ribu apoteker baru tiap tahun.

"Apoteker yang berminat kerja di puskesmas tidak banyak, karena kerja di produksi (misalnya pabrik obat) dianggap tantangannya lebih mengglobal. Sementara di puskesmas kita tahu sendiri seperti apa," ungkap Engko usai pelantikan Komite Farmasi Nasional (KFN) di Gedung Kemenkes, Senin (22/8/2011).

Meski demikian, Engko optimistis bahwa dalam beberapa tahun ke depan jumlah apoteker yang mau bekerja di puskesmas akan terus meningkat. Engko tidak merinci upaya apa yang sudah dilakukan Kemenkes, namun ia memastikan bahwa imbauan-imbauan untuk mau bekerja di bagian pelayanan seperti di puskesmas sudah disampaikan kepada para calon apoteker.


up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons