-
-

Wednesday, August 31, 2011

Tak Pernah Bisa Gemuk Karena Tubuh Tak Mampu Simpan Lemak


Carole French (dok: Dailymail)Jakarta, Banyak orang yang berusaha mati-matian agar badannya kurus. Tapi tidak bagi Carole French, ia bebas makan sebanyak apapun tanpa takut gemuk karena tubuhnya tidak bisa menyimpan lemak.

Carole bisa mengonsumsi apa saja dan sebanyak apa pun tanpa takut menjadi gemuk. Orang berpikir Carole sangat beruntung memiliki tubuh yang kurus, tapi kenyataannya hal itu sangat menyedihkan, karena kondisi yang dialami Carole layaknya suatu mimpi buruk.

Ibu dari 2 orang anak ini adalah salah satu dari sedikit orang di dunia yang telah didiagnosis dengan kondisi muscular fibrositis disproportion, yaitu gangguan yang membuat tubuhnya tidak bisa menyimpan lemak.

Kondisi ini memaksa Carole untuk memakai pakaian anak-anak karena pakaian orang dewasa terlalu besar di tubuh mungilnya. Ketika ia keluar rumah maka beberapa orang kadang memberinya tatapan mengejek dan menyangka bahwa Carole mengalami anoreksia.

"Banyak orang yang bilang saya beruntung karena bisa begitu kurus, tapi saya hanya berharap bisa menambah berat badan," ujar Carole, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (26/8/2011).

Carole lahir dengan ukuran normal, tapi orangtuanya mulai melihat ada sesuatu yang berbeda dengan anaknya ketika Carole memerlukan waktu lebih lama untuk bisa duduk, merangkak dan berjalan dibanding dengan anak-anak lain seusianya.

Pada saat sekolah, perbedaan tersebut semakin terlihat jelas. Ia memiliki tubuh kecil dan kulit tangan serta kakinya seperti hanya menempel tipis di tulangnya. Saat itu orangtuanya mengira ia menderita gangguan makan karena memiliki tubuh yang sangat kurus dibanding dengan teman-teman sekelasnya.

"Ketika remaja saya selalu dipanggil dengan sebutan 'serangga tongkat' oleh teman-teman dan mengatakan bahwa saya anoreksia. Bahkan orangtua berpikir bahwa saya melakukan sesuatu agar tidak bertambah berat badannya," ungkapnya.

Kondisi ini sempat membuat Carole putus asa karena melihat teman-temannya bisa memiliki tubuh yang indah dan bertambah berat badannya. Ia pun mencoba mengonsumsi banyak karbohidrat dan makan malam dalam jumlah besar, tapi tidak ada yang memberikan hasil.

Carole pun harus berjuang untuk menemukan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, ia terpaksa membeli pakaian untuk anak-anak berusia 10 tahun. Pola makannya meliputi sarapan yang perlu dimasak, salad keju untuk makan siang dan makanan China untuk makan malam agar bisa mendapatkan 2.000 kalori per hari.

Setiap kali ia ke dokter ia pun harus dirujuk ke rumah sakit untuk memastikan apakah memiliki bulimia atau anoreksia. Dibutuhkan waktu setahun bagi dokter hingga akhirnya mendiagnosis Carole dengan kondisi muscular fibrositis disproportion, dan diperkirakan hanya ada 1 orang lagi di dunia yang memiliki kondisi ini.

"Hal itu berarti saya tidak memiliki banyak otot layaknya orang normal dan hampir tidak ada lemak di tubuh," ujar perempaun yang berusia 50 tahun ini.

Hal yang dialami oleh Carole ini memungkinkannya untuk memiliki sejumlah masalah kesehatan. Ia mengaku selalu merasa kelelahan dan ada kemungkinan mengembangkan osteoporosis dan artritis. Hingga saat ini tidak ada obat untuk mengatasi masalah tersebut, karenanya Carole harus terus hidup dengan kondisinya.

"Sampai saat ini saya terus mendapatkan dukungan dari suami saya, Steve dan 2 putra yaitu Neil dan Mark. Mereka selalu bilang bahwa apa yang saya miliki tetap membuat saya menjadi seseorang yang sempurna," ujar Carole.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons