-
-

Tuesday, August 30, 2011

Minyak Ketumbar Ampuh Bunuh Bakteri Pemicu Sakit Perut


foto: ThinkstockJakarta, Bagi yang punya hobi memasak, ketumbar tentu sudah tidak asing lagi. Rempah-rempah yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan ini ternyata bisa jadi obat, karena mengandung antibiotik untuk membunuh bakteri berbahaya penyebab sakit perut.

Ketumbar yang dalam Bahasa Latin dinamakan Coriandrum sativum merupakan sejenis rempah-rempah yang sepintas mirip merica, namun ukurannya lebih kecil dan rasanya tidak pedas. Rasanya khas namun tidak terlalu menyengat sehingga sangat disukai.

Selain populer sebagai bumbu masak, ketumbar juga sering dipakai sebagai obat, misalnya untuk mengatasi gangguan pencernaan. Biasanya untuk mengatasi diare, ketumbar direbus kemudian air rebusannya diminum secara teratur setiap hari sampai gejalanya mereda.

Khasiat ketumbar untuk mengatasi diare khususnya yang dipicu oleh infeksi bakteri telah dibuktikan baru-baru ini dalam sebuah penelitian di University of Beira Interior, portugal. Laporan penelitiannya dapat ditemukan dalam Journal of Medical Microbiology.

Dalam penelitian tersebut, kandungan yang dipakai sebagai obat adalah minyak ketumbar. Dengan konsentrasi 1,6 persen, minyak tersebut dicampur dengan 12 jenis bakteri berbahaya termasuk Escherichia coli, Salmonella dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Fernanda Domingues tersebut menunjukkan, pertumbuhan 12 jenis bakteri berbahaya tersebut bisa dihambat dengan minyak ketumbar. Bahkan MRSA yang selama ini dikenal sebagai superbug alias sudah kebal dengan berbagai antibiotik, juga bisa dibunuh dengan minyak ketumbar.

"Minyak ketumbar bisa jadi alternatif untuk dijadikan antibiotik alamiah. Kami membayangkan ketumbar bisa dibuat dalam bentuk lotion, obat kumur atau bahkan tablet dan dipakai sebagai antibiotik," ungkap Dr Domingues seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (25/8/2011).


up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons