-
-

Thursday, August 11, 2011

Pria Ini Pakai Jantung Plastik Sambil Menunggu Donor


Ilustrasi foto (thinkstock)Cambridge, Karena belum mendapat donor yang cocok, seorang pria penderita sakit jantung terpaksa harus memakai jantung buatan. Pria ini menjadi orang pertama di Inggris yang sistem peredaran darahnya dikendalikan sepenuhnya oleh jantung plastik.

Pria tersebut adalah Matthew Green, seorang ayah berusia 40 tahun asal Cambridge Inggris. Ayah dari seorang anak ini mengalami cardiomyopathia, sejenis gangguan jantung yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Matthew sempat berpikir bahwa ia tidak akan bertahan sampai jantung donor yang cocok dapat ditemukan. Namun gejalanya telah membaik setelah dokter memasang alat bernama Total Artificial Heart (TAH), yang merupakan jantung buatan berbahan plastik.

Berbeda dengan jantung buatan pada umumnya yang hanya bekerja menggantikan bagian tertentu, TAH benar-benar menggantikan fungsi jantung secara keseluruhan. Sebuah pompa kecil yang berfungsi sebagai jantungnya berada di luar tubuh, berbentuk ransel kecil yang isinya baterai khusus sebagai penggeraknya.

Alat ini merupakan jantung buatan pertama yang berfungsi menggantikan jantung secara total dan bisa dibawa ke mana-mana atau portabel. Jenis jantung buatan yang lain umumnya dirancang hanya untuk menggantikan bagian tertentu dari jantung yang mengalami kerusakan misalnya salah satu ventrikel saja.

Meski dirancang untuk terus memompa darah ke organ-organ vital, Matthew harus tetap menjalani transplantasi jika sudah ada donor yang cocok. Namun seperti dikutip dari NHS (4/8/2011), untuk sementara perangkat tersebut bekerja dengan sangat baik karena telah menghilangkan gejala gagal jantung Matthew.

Matthew memang menjadi orang pertama di Inggris yang menggunakan alat tersebut, namun di negara lain alat semacam itu sudah bukan barang baru. Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, pria bernama Troy Golden asal Oklahoma, AS juga pernah dipasangi alat serupa pada awal tahun 2011.





up/mer)




detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons