-
-

Sunday, October 30, 2011

Ibu Hamil Punya Kemampuan Tentukan Waktu Kelahiran


Ilustrasi (foto: Thinkstock)New Haven, Connecticut, Agar anaknya lahir pada tanggal cantik atau hari-hari tertentu yang dianggap baik, ibu hamil biasanya memilih caesar. Namun menurut penelitian, sebagian besar ibu hamil punya kemampuan untuk menunda atau mempercepat kelahiran normal.

Adanya kemampuan untuk mengendalikan waktu kelahiran ditunjukkan oleh sebuah data tentang ibu melahirkan di Amerika Serikat. Meski tanpa bantuan operasi caesar, tingkat kelahiran pada tanggal-tanggal tertentu yang dianggap baik cenderung tetap meningkat.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Yale University mengungkap, jumlah kelahiran normal pada Hari Valentine (14 Februari) meningkat 3,6 persen dari rata-rata hari biasa. Sebaliknya pada Hari Halloween (31 Oktober), jumlah kelahiran normal turun 5,3 persen.

Selama ini, kelahiran normal dianggap sebagai sebuah proses yang spontan dan tidak bisa direncanakan sehingga jika ingin anaknya lahir pada tanggal tertentu maka solusinya adalah operasi caesar. Namun data ini menunjukkan bahwa kelahiran normal tidak benar-benar spontan.

"Tampaknya ibu hamil bisa mempercepat atau menunda kelahiran spontan, dengan rentang waktu yang sangat terbatas tentunya, sebagai respons keterwakilan budaya," ungkap Prof Becca Levy yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (21/10/2011).

Sebagai pembanding, kenaikan tingkat kelahiran melalui operasi caesar selalu mengalami peningkatan pada Hari Valentine meningkat 12,1 persen. Demikian juga pada Hari Halloween, jumlah kelahiran melalui operasi caesar juga turun sekitar 16,9 persen.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social Science and Medicine ini dilakukan melalui pengamatan jangka panjang selama 11 tahun. Jumlah sertifikat kelahiran yang diamati dalam penelitian ini cukup banyak, kurang lebih 1,8 juta kelahiran.



up/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons