-
-

Sunday, October 30, 2011

Kurang Tidur Bisa Bikin Nilai Matematika Jeblok


Ilustrasi (foto: Thinkstock)Sevilla, Beberapa orang meyakini, belajar dengan sistem kebut semalam bisa membuat nilai ujian lebih bagus. Namun khusus untuk bidang studi matematika, sebaiknya tidur lebih awal sebab menurut penelitian bergadang justru bikin jeblok nilai ujian.

Kecenderungan ini teramati dalam sebuah penelitian di Spanyol, yang dilakukan para ilmuwan dari University of Granada dan Junta de Andalucia. Penelitian ini melibatkan 592 pelajar berusia 12-19 tahun di berbagai sekolah di kota Sevilla, Spanyol.

Pola tidur para partisipan diamati selama beberapa semester, lalu dikelompokkan berdasarkan lamanya waktu tidur dalam sehari. Para ilmuwan lalu membandingkannya dengan hasil pengamatan terhadap prestasi belajar para partisipan di sekolah untuk semua mata pelajaran.

Hasil pengamatan menunjukkan, lamanya waktu tidur dalam sehari sangat mempengaruhi nilai ujian khususnya untuk bidang studi matematika. Makin lama waktu tidurnya, makin baguis nilai matematikanya terutama jika dibandingkan dengan partisipan yang tidurnya kruang dari 6 jam.

"Bisa jadi ini dipengaruhi oleh sifat pelajaran itu sendiri, sebab kemampuan matematis biasanya sangat terpengaruh oleh pola tidur," tulis para peneliti dalam laporannya di International Journal of Clinical and Health Psychology, seperti dikutip dari Indiavison, Jumat (21/10/2011).

Penelitian ini juga mengungkap, partisipan yang memiliki waktu tidur rata-rata yakni 6-9 jam cenderung mendapat nilai ujian yang lebih bagus untuk bidang studi fisika. Kecenderungan pada bidang studi ini tidak teramati pada partisipan yang tidur kruang dari 6 jam maupun lebih dari 9 jam.

Selain oleh lamanya waktu tidur, prestasi belajar juga dipengaruhi oleh sleep latency atau waktu yang dibutuhkan untuk terlelap sejak pertama kali membaringkan badan. Angka ideal untuk sleep latency menurut penelitian ini adalah 15 menit karena akan memberi pengaruh paling kuat terhadap prestasi belajar.


up/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons