-
-

Saturday, October 15, 2011

Pegowes Hirup Polusi 2 Kali Lebih Banyak dari Pejalan Kaki


foto: ThinkstockLondon, Bersepeda alias gowes sama sehatnya dengan aktivitas fisik lainnya, termasuk jalan kaki. Namun jika dilakukan di tengah kota, bersepeda kurang sehat karena polusi yang dihisap oleh pegowes 2 kali lebih banyak dibanding pejalan kaki.

Sebuah riset kecil untuk membuktikan hal itu dilakukan seorang ilmuwan dari Barts and London School of Medicine, Dr Chin Nwokoro. Ia mengamati sampel dahak dari 10 orang, terdiri dari 5 pejalan kaki dan 5 pengendara sepeda yang ditemuinya di London.

Hasil pemeriksaan di laboratorium menunjukkan, dahak yang diambil dari pengendara sepeda mengandung unsur karbon 2,3 kali lebih banyak dibandingkan pada pejalan kaki. Unsur karbon menunjukkan adanya cemaran karbon monoksida (CO) dari asap kendaraan bermotor.

"Olahraga bagus untuk kesehatan, tetapi olahraga di tempat yang tidak ada polusinya tentu akan jauh lebih bagus," ungkap Dr Nwokoro yang akan mempresentasikan temuan itu dalam kongres European Respiratory Society di Amsterdam pekan depan, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (9/10/2011).

Dr Nwokoro memang belum menyimpulkan apa yang menyebabkan pegowes bisa menghirup polusi lebih banyak dibandingkan pejalan kaki. Namun secara teori, ia mengatakan bahwa seseorang cenderung bernapas lebih dalam dan lebih sering saat bersepeda dibandingkan saat berjalan kaki.

Karbon monoksida merupakan sisa pembakaran tidak sempurna dari berbagai jenis bahan bakar fosil, yakni minyak bumi dan batubara. Dalam kadar tertentu, gas ini akan menyabotase fungsi hemoglobin atau zat merah darah sehingga tidak bisa mendistribusikan oksigen.

Gejala keracunan gas ini antara lain sesak napas serta ritme jantung yang tidak teratur. Dalam kadar kecil memang tidak menimbulkan gejala, namun jika terakumulasi maka dampaknya bisa sangat buruk karena meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.


up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons