-
-

Tuesday, October 18, 2011

Makanan di Rumah Sakit Banyak yang Terbuang Tidak Dimakan


foto: ThinkstockLondon, Orang sakit butuh banyak nutrisi dari makanan agar cepat sembuh. Sayangnya menurut survei, 25 persen makanan yang disajikan untuk pasien terbuang sia-sia baik karena tidak nafsu makan atau belum sempat dimakan tapi sudah diangkat.

Survei yang dilakukan oleh perusahaan jasa analisis data SSentif menunjukkan, 9,3 juta porsi makanan dari berbagai rumah sakit di Inggris terbuang sia-sia pada tahun 2010. Diperkirakan, jumlah itu mencapai 8,33 persen dari seluruh makanan yang disajikan untuk pasien.

Jika dirinci lebih detail, persentase makanan terbuang di beberapa rumah sakit ada yang mencapai 29 persen yakni di Ipswich Hospital, Suffolk. Di University Hospital Kota Manchester, makanan yang terbuang mencapai 25 persen dan di Birmingham Women’s NHS Foundation Trust sekitar 23 persen.

SSentif mengatakan, kerugian akibat banyaknya makanan yang terbuang di rumah sakit cukup besar. Tiap tahunnya diperkirakan, nilai makanan yang terbuang sia-sia jika diuangkan bisa mencapai 22 juta poundsterling atau kurang lebih Rp 307 miliar.

Banyak alasan mengapa makanan-makanan itu terbuang begitu saja. Ada beberapa yang terbuang karena memang pasiennya tidak nafsu makan lalu tidak habis, namun ada juga yang belum sempat dimakan karena tidak ada yang membantu pasien lalu tiba-tiba sudah makanannya diangkat oleh petugas.

Karena itu para aktivis menyerukan, layanan di rumah sakit harus diperbaiki dalam kaitannya dengan kebutuhan makan dan nutrisi. Para perawat atau petugas lainnya harus lebih peka jika ada pasien tidak mau makan atau memang tidak bisa makan sendiri.

"Kadang para lansia butuh dibantu untuk makan, terutama setelah operasi atau saat menjalani perawatan khusus. Dan ini kadang luput dari perhattian," ungkap Michelle Mitchell dari yayasan amal Age UK seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (11/10/2011).

Temuan SSentif sebenarnya agak mengejutkan, karena beberapa waktu sebelumnya komisi layanan kesehatan di Inggris mengungkap bahwa para pasien di rumah sakit sering tidak mendapat makan. Dari 100 rumah sakit yang disurvei, pasien di 49 rumah sakit mengeluh sering tidak mendapat minum.



up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons