-
-

Sunday, October 16, 2011

Sumatriptan, Obat Semprot Atasi Migrain


(Foto: thinkstock)Jakarta, Deskripsi

Sumatriptan digunakan untuk mengobati serangan migrain akut pada orang dewasa, namun tidak mencegah serangan migrain atau mengobati migren jenis tertentu seperti hemiplegia atau basilar.

Banyak orang merasakan sakit kepala mereka hilang sepenuhnya setelah mereka memakai sumatriptan, sedangkan lainnya malah merasa sakit kepalanya jadi lebih sedikit menyakitkan. Sumatriptan sering meringankan gejala-gejala yang muncul bersamaan dengan sakit kepala migrain, seperti mual, muntah, sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Sumatriptan bukan pereda nyeri biasa. Obat ini tidak akan mengurangi rasa sakit apapun selain sakit kepala migrain. Obat ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang menderita migrain namun gejalanya tidak juga berkurang meskipun telah menggunakan asetaminofen, aspirin, atau penghilang rasa sakit lainnya.

Sumatriptan menyebabkan efek samping yang serius pada beberapa orang, terutama orang yang memiliki penyakit jantung atau pembuluh darah. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan tersedia dalam bentuk sediaan semprot. Penggunaannya disemprotkan melalui hidung.

Dosis

Untuk migren:
- Dewasa :5 mg (1 semprotan ke satu lubang hidung) atau 10 mg (2 semprotan dalam satu lubang hidung atau 1 semprot di masing-masing lubang hidung) atau 20 mg (1 semprot ke satu lubang hidung).

Jika rasa sakit tidak berkurang, semprotkan lagi 5 mg atau 10 mg atau 20 m untuk migrain yang terjadi di lain waktu, dengan jarak waktu setidaknya 2 jam sejak semprotan terakhir. Jangan gunakan lebih dari 40 mg dalam periode 24-jam.

- Anak-anak : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Efek Samping

Rasa terbakar atau nyeri di hidung Perubahan rasa di mulut Ketidaknyamanan di rahang, mulut, lidah, tenggorokan, hidung, atau sinus Pusing Mengantuk Perasaan hangat, panas, mati rasa, kesemutan Merasa ringan Nyeri otot, kram, atau kekakuan Mual atau muntah
Sumber: MayoClinic, drugs


ir/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons