-
-

Friday, October 28, 2011

RS Dharmais Mulai Pakai Nuklir untuk Diagnosis Kanker


Radiologi RS Dharmais (detikHealth)Jakarta, Teknologi nuklir tidak hanya dipakai sebagai pembangkit listrik maupun untuk merakit bom, tetapi bisa juga dimanfaatkan bagi kesehatan. Di RS Kanker Dharmais, diagnosis kanker sudah bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi nuklir.

Mesin terbaru yang sudah akan dioperasikan November mendatang di RS Dharmais ini dinamakan Positron Emision Tomography - CT atau disingkat PET/CT. Dinamakan demikian krena secara prinsip alat ini menggabungkan alat PET dengan Computerized Tomography (CT).

Fungsi PET/CT memang bukan untuk deteksi dini, melainkan untuk menentukan dengan lebih akurat stadium kanker yang akan diobati. Ketika pasien sudah didiagnosis kanker, barulah stadium atau tingkat penyebarannya bisa ditentukan dengan alat berbasis teknologi nuklir ini.

"Dengan alat biasa mungkin kankernya cuma stadium II, tapi dengan PET/CT bisa saja lompat ke stadium III karena memang lebih peka," ungkap Kepala Departemen Radiologi RS Dharmais, dr Kardinah dalam jumpa pers di RS Dharmais, Rabu (19/10/2011).

PET/CT juga tidak dianjurkan bagi pasien kanker yang sudah memasuki stadium terminal atau sudah tidak mungkin disembuhkan. Sesuai fungsinya, alat ini hanya membantu penegakan diagnosis agar pengobatannya bisa lebih efektif sementara yang sudah terminal akan tetap sulit diobati.

Kelebihan lain dari PET/CT ini adalah, scan atau pemindaian tidak perlu dilakukan pada setiap bagian. PET/CT bisa memindai seluruh tubuh (whole body) sehingga risiko terpapar radiasi bisa dikurangi, meski jika dihitung satu persatu radiasi alat ini memang sangat tinggi.

Mengenai biaya pemakaian alat PET/CT, dr Kardinah tidak berani memberikan kisaran harga. Namun sebagai gambaran, ia memperkirakan harganya akan 2-3 kali lebih murah dibanding layanan serupa di luar negeri maupun di beberapa rumah sakit swasta.

RS Dharmais sebenarnya bukan yang pertama menerapkan teknologi nuklir untuk diagnosis kanker. Sebelumnya, 2 rumah sakit swasta yakni RS Gading Pluit dan MRCCC juga sudah memiliki PET/CT dan saat ini RS Hasan Sadikit di Bandung dikabarkan juga sedang merencanakan pengadaan alat ini.


up/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons